Ketua PPMB UNAIR Berbagi Informasi SBMPTN Lewat Live IG

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh kompas tekno

UNAIR NEWS – Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, bakal kembali berlangsung dengan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai panitia penyelanggara akan melangsungkan UTBK SBMPTN pada Juli mendatang.

Untuk memberikan informasi secara detil seputar persiapan UTBK-SBMPTN, Universitas Airlangga melalui Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) dan Pusat Informasi dan Humas (PIH), melangsungkan diskusi melalui Live IG pada Kamis (28/5). Dipandu oleh Staf PIH Anindya Anandita, S.I.Kom., diskusi tersebut menghadirkan Ketua PPMB Dr. Achmad Solihin S.E., M.Si.

Dalam diskusi yang diikuti oleh 1000 lebih peserta live IG itu, Ketua PPMB yang akrab disapa Solihin itu menjelaskan berbagai informasi seputar kuota SBMPTN di UNAIR, biaya pendaftaran SBMPTN, dan beragam informasi lainnya seputar jalur mandiri. Pada tahun ini, tambah Solihin, banyak perubahan dan berbeda dengan tahun lalu.

“Dalam hal biaya biaya, tahun ini untuk biaya SBMPTN 150.ribu, ini turun dibanding tahun kemarin. Bagi yang memiliki KIP kuliah gratis,” ujar Solihin.

Live IG tentang SBMPTN bersama Dr. Ahmad Solihin Ketua PPMB UNAIR

Tidak hanya itu, perubahan juga terjadi pada proses pelaksanaan seleksi. Jika tahun lalu, jelas Solihin, UTBK dilakukan sebanyak dua kali, pada tahun ini UTBK hanya dilangsungkan satu kali. Untuk itu, tandasnya, peserta harus benar-benar siap dan hati-hati dalam menentukan pilihan.

“Saat mendaftar harus benar-benar hati-hati. Jangan asal-asalan,” ungkap Solihin.

Selanjutnya, pembahasan diskusi dilanjutkan dengan pembahasan seleksi mandiri di UNAIR. Menurut Solihin, pada tahun ini pelaksanaan seleksi mandiri bagi S1 akan dilakukan bersamaan dengan Diploma 3. Hal itu, tandasnya, menjadi hal yang tepat untuk menjaring calon mahasiswa yang tidak asal memilih.

“Kami sengaja lakukan bersamaan biar diploma tidak jadi pelarian saja,” tandasnya. “Perihal waktu juga, semua masih bersifat tentatif. Baik SBMPTN maupun mandiri, kita mengikuti perkembangan penanganan covid-19,” jelasnya.

Pada akhir, Solihin juga memberikan beberapa pesan kepada seluruh calon peserta UTBK. Dalam kesempatan itu,  Solihin berpesan agar calon peserta fokus pada prodi yang disuka. Pasalnya, dengan demikian akan membuat peserta belajar maksimal untuk berjuang diterima di prodi yang disukai dan pahami.

“Jangan sampai asal milih, asal diterima, karena ini juga terkait masa depan anda. Selain itu, persiapkan diri dengan baik dan matang. Karena orang yang siap akan jadi pemenang. Baik siap secara mental dan kesehatan,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu