Penggunaan Perpustakaan UNAIR Gunakan Jurnal Elektronik Sebagai Pilihan Pembelajaran

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Liputan6.com

Pustakawan sering mengukur dan mempertimbangkan penggunaan sumber daya dan penggunaan  layanan oleh pengguna untuk menunjukkan pengelolaan yang efektif dari sumber daya yang dikelola, dari pengukuran tersebut dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang koleksi yang akan dibeli, pegawai yang dibutuhkan, penyediaan layanan dan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Perpustakaan merupakan tempat yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mencari sumber referensi dan informasi guna mendukung proses pembelajaran seperti pengerjaan tugas maupun membuat tugas akhir. Proses pembelajaran mahasiswa yang menuntut adanya sumber rujukan yang up to date, valid, dan cepat sering kali membuat mahasiswa menggunakan teknologi yang berkembang pada saat ini. Computer, laptop, maupun smartphone yang terhubung dengan internet dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Beberapa mahasiswa lebih memilih menggunakan teknologi dan internet dibandingkan

Penelitian di atas dapat menunjukan bahwa masih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan teknologi dan internet dibandingkan menggunakan perpustakaan. Oleh karena itu penelitian ini dibuat untuk mengetahui sejauh mana penggunaan perpustakaan di Universitas Airlangga oleh mahasiswa. Mengingat perpustakaan di Universitas Airlangga sudah memberikan fasilitas baik seperti ruangan berpendingin, komputer dan jaringan internet, beragam koleksi buku, dan berlanggan beberapa jurnal seperti proquest, e-resources, sage, jstor, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan tujuan untuk memberikan gambaran penggunaan perpustakaan universitas airlangga. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa universitas airlangga berjumlah 504.

Hasil dari penelitian ini adalah banyak mahasiswa yang datang berkunjung ke perpustakaan. Hal ini terbukti dengan perolehan data dari 504 responden penelitian, sebanyak 494 responden mengaku pernah datang berkunjung ke perpustakaan Universitas Airlangga. Alasan mahasiswa tidak pernah datang berkunjung ke perpustakaan Universitas Airlangga dikarenakan tidak ada waktu. Hal ini dapat dilihat dengan perolehan data yaitu sebanyak 2 dari 10 responden mengatakan alasan tersebut.

Kegiatan yang sering dilakukan mahasiswa di perpustakaan Universitas Airlangga yaitu memanfaatkan ruangan yang disediakan oleh perpustakaan dan berdiskusi bersama rekan, yang memperoleh suara sebanyak 198 responden dari 494 responden. Frekuensi kunjungan mahasiswa ke perpustakaan Universitas Airlangga sering kali dilakukan setiap beberapa kali dalam satu bulan. Hal ini dapat dilihat dari tabel 4.4 yang menunjukan bahwa sebanyak 160 responden mengatakan bahwa responden berkunjung beberapa kali dalam satu bulan ke perpustakaan. Media pembelajaran yang sering digunakan mahasiswa yaitu internet, dengan frekuensi sebanya 302 responden lebih memilih menggunakan media pembelajaran berupa internet dibandingkan dengan koleksi di perpustakaan.

Koleksi yang sering dimanfaatkan oleh mahasiswa yaitu koleksi text book yang dimanfaatkan sebanyak 458 responden dan koleksi dalam bentuk jurnal yang dimanfaatkan sebanyak 439 responden. Koleksi koleksi text book yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah koleksi text book dalam bentuk online. Hal ini diungkapkan oleh 250 responden. Jenis jurnal elektronik menjadi pilihan 383 mahasiswa di Universitas Airlangga untuk menunjang kegiatan pembelajaran seperti mengerjakan tugas dan membuat tugas  akhir.

Penulis: Dyah Puspitasari Srirahayu

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di

http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/viewFile/9832/pdf

Srirahayu, Dyah Puspitasari (2019). User Analysis Of Library Usage To Fulfill Information Needs. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, Vol. 7, No.2.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu