Perkembangan Kurva Pandemi dari Berbagai Negara

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kurva Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini. (Sumber: Sumber : endcoronavirus.org)

UNAIR NEWS – Kurva pandemi atau kurva epidemi merupakan gambaran perjalanan suatu kasus kesehatan, seperti pandemi COVID-19, berbentuk histogram dari jumlah kasus berdasarkan waktu timbul gejala pertama. Dengan kurva tersebut, maka akan didapat informasi perjalanan wabah dan kemungkinan yang akan terjadi selanjutnya.

Dilansir dari endcoronavirus.org, terdapat tiga jenis kurva pandemi COVID-19. Yaitu winning, nearly there,  dan need action.

Ilham Akhsanu Ridlo, S.KM., M.Kes menjelaskan bahwa winning artinya kurva sudah landai. Nearly there, memiliki arti bahwa kurva sedang menuju ke landai. Sementara need action berarti butuh upaya khusus untuk menangani pandemi COVID-19 tersebut, dan bersifat mendesak.

“Winning artinya kurva sudah landai, kondisi kasus dalam pelayanan kesehatan sudah dapat dikendalikan oleh pemerintah,” terang dosen FKM yang akrab disapa Ilham tersebut.

Kurva Pandemi COVID-19 Indonesia

Kurva pandemi Indonesia saat ini masih berada dalam kategori need action. Menurut Ilham, hal tersebut karena upaya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan skala kabupaten/kota harus melewati birokrasi yang panjang sebelum ditetapkan. Selain itu, kebijakan tidak dilakukan dengan merata dan konsekuen.

Kurva Pandemi COVID-19 Amerika

“Tidak hanya Indonesia, kurva pandemi di negara adidaya, Amerika Serikat juga berada dalam kategori need action,” lanjutnya.

Kurva Pandemi COVID-19 Italia

Berbeda dengan Amerika dan Indonesia, Kurva pandemi di Italia berada dalam kategori nearly there. Menurut Ilham, pada awal munculnya kasus Italia merespon dengan lambat sehingga menimbulkan banyak sekali korban karena anomaly kebijakan. Kasus pertama direspond sangat lambat, kemudian pandemi menyebar dengan cepat di seluruh negara tersebut.

“Italia merupakan salah satu negara dengan korban meninggal tertinggi, sampai Dokter Cuba dan relawan turun membantu,” ucap Ilham.

Kurva Pandemi COVID-19 Malaysia

“Sama halnya dengan Italia, kurva pandemi di Malaysia berada dalam kategori nearly there” terangnya.

Kurva Pandemi COVID-19 Vietnam

Sementara itu, kurva pandemi tetangga negara Indonesia, yaitu Vietnam dan Thailand berada dalam kategori winning. Menurut Ilham, hal tersebut karena sejak ditemukannya dua kasus pada tanggal 23 Januari 2020 di Vietnam, pemerintah langsung melakukan karantina wilayah di desa tersebut.

“Pemerintah juga merespon cepat dengan melarang semua penerbangan dari dan ke Wuhan,” jelasnya.

Kurva Pandemi COVID-19 Thailand

“Begitu halnya dengan Thailand, kurva pandemi COVID-19 negara tersebut berada dalam kategori winning,” pungkas Ilham.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti. Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).