Pengaruh Job Resources Terhadap Turnover Intention

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh india com

Keterlibatan karyawan terhadap pekerjaan dan organisasi tempat mereka bekerja merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam organisasi. Jadi fokus pada peningkatan keterlibatan karyawan (employee engagement) menjadi hal yang penting bagi setiap perusahaan. Job resources dan turnover intention menjadi variabel yang terkait dengan employee engagement.

Employee engagement dapat meningkat apabila Job resources telah diterapkan dengan baik, dengan dimediasi oleh rendahnya turnover intention menjadi bagian dari organisasi. Penelitian ini dilakukan pada karyawan bagian staff manajemen PT. Bank XYZ Kanwil VIII Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa job resources mempunyai pengaruh terhadap employee engagement PT. Bank XYZ Kanwil VIII Surabaya serta untuk membuktikan bahwa job resources mempunyai pengaruh terhadap turnover intention melalui employee engagement.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 92 karyawan yang bekerja pada staff manajemen yang diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pada penelitian ini job resources adalah sebagai variabel independen, turnover intention sebagai variabel dependen, dan employee engagement sebagai variabel intervening. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa job resource mempunyai pengaruh terhadap turnover intention, dan employee engagement terbukti memediasi hubungan antara job resources dan turnover intention pada karyawan bagian staff manajemen PT. Bank XYZ Kanwil VIII Surabaya.

Penulis :  Dr. Praptini Yulianti, SE, Msi

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://www.ijicc.net/images/vol11iss9/11920_Jauhari_2020_E_R.pdf

Thantowi Jauhari, Praptini Yulianti. 2020. The Effect of Job Resources as the Intervening Variable towards Turnover Intention and Employee Engagement. International journal of Innovation and Creativity and change. Volume 11, Issue 9, 2020

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu