Kegunaan Sel Sinyal Medis Metabolit Berbasis Oral

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi news detik com

Di bidang kedokteran gigi dalam operasional terhadap penaganan beberapa kasus cidera sering menggunakan peralatan ortodontik. Peralatan tersebut sebagian besar tajam yang dapat menyebabkan cedera jaringan mulut. Oleh karena itu sering adanya ulkus mulut sering dikaitkan dengan alat atau kawat ortodontik yang tajam sehingga dapat mengiritasi mukosa mulut. Seperti sel epitel pada mulut yang ditandai dengan ulcerasi yang tidak teratur atau ilkus disekitar eritema.Hal inmi dapat menyebabkan sensasi yang tidak menyenagkan dan menyakitkan. Beberapa penelitian ternyata peralatan ortodontik dapat menyebabkan lesi pada mukosas mulut sekitar 40% terjadi erosi dan 45% terjadi ulcerasi. 

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisi biokompatabilitas dan potensi sel sinyal pada mulut untuk penyembuhan ulkus mulut secara in vitro. Pendekatan penelitian ini adalah dengan memanfaatkan kultur sel somatic gingiva manusia selanjutnya di papar dengan metabolite sebagai sinyal medicinal. Ini penting dan bermanfaat karena ulkus mulut traumatis merupakan masalah utama selama perawatan ortodontik cekat yang belum diselesaikan.

Metabolite sel sinyal sering dianggap sebagai limbah meskipun mengandung banyak berbagai faktor pertumbuhan termasuk mikromolekul dan makromolekul dapat mempercepat penyembuhan ulkus pada mulut (oral ulcus). 

Metabolite dari sel sinyal secara medis diperoleh dengan cara mencampur antara 10 mL MSCM dan 2% natrium karboksimetil selulosa. 3- (4,5-dimethylthiazol-2-yl) -2,5-diphenyltetrazolium bromide (MTT). Selanjutnya uji keamanan dilakukan dengan cara memaparkan pada kultur sel somatik gingiva manusia. Viabilitas sel diukur dengan spektroskopi  infra merah untuk mengetahui struktur fungsional dan komposisi MSCM, selanjutnya juga dilakukan analisis energy sinar dispertif dengan tujuan untuk meningkatkan proliferasi sel somatik manusia berbasis oral. Ternyata MSCM dapat mempercepat pertumbuhan sel setelah 12 jam secara in vitro. Hal ini karena MSCM mengandung karbon dan kalium serta ikatan kimia turunan namun tidak memiliki atau mengandung zat logam berat. 

Kesimpulan yang didapat dari hasil ini penelitian bahwa MSCM berbasis oral memiliki kemampuan biokompatibel dan potensial untuk mempercepat penyembuhan ulkus oral secara in vitro. Ini akan berguna dalam praktek klinis harian dalam perawatan ulkus mulut traumatis.

Penulis: Alexander Patera Nugraha, Purwati, Helen Susilowati, Eryk Hendrianto, Deya Karsari, Nora Ertanti,Aristika Dinaryanti, Igo SyaifulmIhsan, Ida Bagus Narmada, Diah Savitri Ernawati and Fedik Abdul Rantam. 2019.

Link terkait tulisan di atas: Medicinal Signaling Cells Metabolite Oral Based as a Potential Biocompatible Biomaterial Accelerating Oral Ulcer Healing ( In Vitro Study). Eur J Dent. 2019 Jul; 13(3): 432–436.Published online 2019 Dec 3. doi10.1055/s-0039-1693923

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).