Perubahan Histopatologi Insang Udang Vaname Akibat Infestasi Ektoparasit Protozoa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Situs Hewan Indonesia

Ektoparasit protozoa merupakan salah satu kelompok parasit yang sering ditemukan menginfestasi pada udang vanamae (Litopenaeus vannamei). Kasus infestasi Zoothamnium, Vorticella dan Epistylis telah banyak dilaporkan oleh beberapa peneliti yang melakukan pemeriksaan parasit pada udang. Pemeriksaan pada tingkat jaringan diperlukan untuk melakukan diagnosis lebih akurat terhadap adanya infestasi ektoparasit pada udang dan mengetahui kerusakan yang diakibatkan oleh adanya infestasi ektoparasit tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap 100 ekor udang vanamei, ditemukan adanya infestasi Epistilis dan Zoothamnium pada insang udang vanname. Epistylis dan Zoothamnium ditemukan dalam keadaan berkoloni, tubuh berwarna transparan dengan beberapa zooid pada masing-masing jenis ektoparasit. Kedua jenis ektoparasit tersebut berasal dari kelas Protozoa dengan ukuran tubuh mikroskopis yang hanya dapat dilihat melalui pengamatan mikroskop.

Untuk mengetahui tingkat kerusakan yang diakibatkan infestasi Epistylis dan Zoothamnium pada insang udang, pembuatan preparat histopatologi dilakukan dengan pewarnaan Haematoxylin – Eosin. Pewarna ini merupakan pewarna yang digunakan untuk pengamatan jaringan, sehingga dapat diketahui ada tidaknya kerusakan pada jaringan. Berdasarkan pengamatan mikroskopis, pada insang udang vanamei yang terinfestasi Epistylis dan Zoothamnium ditemukan adanya kerusakan berupa hiperplasia dan hemoragik. Hiperplasia merupakan peningkatan jumlah sel akibat adanya proses mitosis.

Sedangkan hemoragikadalah perdarahan yang diakibatkan pecahnya salah satu pembuluh darah. Kedua kerusakan tersebut terjadi karena adanya aktivitas perusakan oleh ektoparasit protozoa pada insang udang vanamei, dimana hal tersebut dilakukan oleh parasit sebagai upaya mempertahankan diri pada tubuh inang (host). Terjadinya hemoragik juga dapat diakibatkan adanya substansi spesifik yang dikeluarkan oleh Zoothamnium untuk dapat mempertahankan hidupnya pada inang. Kedua ektoparasit tersebut akan tumbuh optimal pada lingkungan perairan yang buruk.

Penulis: Putri Desi Wulan Sari, S.Pi., M.Si

Department of Fish Health Management and Aquaculture

Fisheries and Marine Faculty

Link terkait tulisan di atas: Histopathology of the gill of Vaname Shrimp (Litopenaeus vannamei) infested by protozoan ectoparasitehttps://www.researchgate.net/publication/339468696_Histopathology_of_the_gill_of_Vaname_Shrimp_Litopenaeus_vannamei_infested_by_protozoan_ectoparasite

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).