Hardiknas di Tengah Pandemi, UNAIR Gelar Lomba Hingga Webinar Bareng Pakar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R

UNAIR NEWS – Adanya pandemi Covid-19 tidak membatasi berbagai kreativitas yang bisa dilakukan oleh civitas akademika Universitas Airlangga. Meski harus beraktivitas dari rumah, iklim akademisi yang kental dengan diskusi dan bertukar wawasan masih bisa dijalankan.

Kali ini, sebagai bentuk serangkaian dari peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020, UNAIR melangsungkan kegiatan webinar dalam bentuk Talk Show bertajuk “Belajar dari Covid-19. Disiarkan langsung via YouTube UNAIR pada Sabtu (5/2), acara tersebut diisi langsung oleh Wakil Rektor I UNAIR Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih M.Si., dan Pakar Ilmu Sosial Prof. Dr. Bagong Suyanto Drs., M.Si.

Dalam paparannya, Prof. Nyoman memaparkan banyak hal seputar tema Hardiknas 2020 yakni “Belajar dari Covid-19”. Menurutnya, belajar memang tidak mengenal waktu dan belajar bisa dari apapun, termasuk adanya pandemi Covid-19.

“Dengan adanya Covid-19 ini kesadaran kita untuk kompak dan bersatu menjadi tergugah,” tandasnya.

Sementara itu, Prof. Bagong dalam kesempatan yang sama juga menuturkan bahwa masa sulit pandemi seperti tidak harus membuat kita berhenti untuk belajar. Justru, kondisi sulit seperti ini bisa membuat orang banyak belajar.

“Bahkan, adanya pandemi ini melahirkan banyak jurnal dari banyak prespektif yang beragam. Baik dari sisi medis maupun non-medis,” jelasnya.

Usai memberikan paparan, kedua pemateri juga menerima pertanyaan yang disampaikan di kolom komentar YouTube UNAIR. Dari beragam pertanyaan yang disampaikan, ada beberapa pertanyaan terpilih.

Tercatat, ada pertanyaan dari @b.ragas, “mohon ijin bertanya Prof. satu pertanyaan dari saya, bagaimana cara efektif untuk mengedukasi masyarakat yang awam terhadap pandemi ini ?, agar kita tidak terkesan “keminter” oleh mereka.” Dari @nadyanfhr “prof apakah benar imun tubuh dapat melawan virus covid 19?. jika benar mengapa tidak membuat obat untuk meningkatkan imun,mengingat saat ini vaksin untuk virus ini belum ada.” Serta ada lagi pertanyaan dari @adityanobita_ “prof. Bagong bagaimana menurut panjenengan terjadinya PHK massal dengan Kartu Pra-Kerja dapat efektif?”

Setelah jawaban yang disampaikan, kegiatan webminar dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba yang sudah dilaksanakan selama bulan April 2020. Ada beberapa lomba yang dikompetisikan untuk memeriahkan Hardiknas 2020. Seperti menulis cerita inspirasi, membuat poster, video, dan foto. Dari ratusan pengirim lomba, UNAIR memberikan hadiah berupa uang pembinaan kepada lima terbaik dari masing-masing kategori lomba. Selamat !!!

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu