Peringati Hari Konsumen dan Hari Bumi, MM UNAIR dan FEMA IPB Berkolaborasi Mengadakan E-Seminar Internasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Untuk pertama kalinya, acara seminar dan launching buku berskala internasional melalui Internet di era Pandemik Covid-19 diadakan. International E-Seminar and Book Review tersebut diselenggarakan oleh Magister Manajemen UNAIR yang bekerjasama dengan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) pada Senin (20/4/2020).

Ketua Panitia, Dr. Gancar Candra Premananto SE., M.Si mengungkapkan bahwa acara itu merupakan salah satu upaya memperingati Hari Konsumen yang bertepatan dengan tanggal 20 April dan Hari Bumi pada tanggal 22 April. Menurutnya, acara itu berusaha menginspirasi masyarakat bahwa Work From Home (WFH) bukan berarti tanpa aktivitas.

“Internasional E-Seminar ini menjadi sebuah aktivitas yang menantang karena pendaftar telah mencapai 800-an dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri. Kami akan menggunakan beberapa aplikasi Zoom secara simultan,” jelasnya.

Para pembicara pada seminar tersebut terdiri atas pendiri, pengurus Asia Association of Consumer Interest and Marketing (AACIM), serta para editor dan kontributor buku. Pembicara berasal dari berbagai institusi termasuk dari FEMA IPB, Fakultas Ekologi Manusia University Putra Malaysia (FEM UPM) dan Victoria University of Wellington.

Buku yang di-launching memiliki beberapa isu di antaranya mendiskusikan isu hijau dari perspektif praktisi, konsumen, maupun lembaga swadaya masyarakat. Buku yang terdiri dari 25 bab tersebut merupakan hasil karya kolaboratif anggota AACIM  untuk mengelaborasi topik terkini tentang keberlanjutan.

Ada 33 pakar dan praktisi bidang konsumen dan pemasaran terlibat dalam penulisan buku tersebut.  Leader dan pencetus ide adalah Presiden AACIM yang juga adalah Dekan FEMA IPB, Prof Ujang Sumarwan.

“Penulis buku selain dari Indonesia, juga berasal dari Malaysia dan New Zealand. Buku ditulis dalam bahasa Inggris agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat akademisi dan praktisi di luar negeri,” paparnya.

Dalam domain green marketing, keragaman latar belakang penulisnya tentang berbagai isu keberlanjutan dari berbagai perspektif teoritis dan praktis berkontribusi pada keunikan sekaligus nilai tambah buku tersebut. Beberapa konsep teoritis yang relevan diusulkan. Di antaranya berbasis sumber daya, pemasaran berorientasi hijau, resource-advantage model, orientasi pasar, segmentasi hijau, cause-related marketing, dan teori berbasis kompetensi.

“Saya berharap E-Seminar ini menjadi awal dari kegiatan luar biasa yang lain, yang menginspirasi masyarakat untuk tetap aktif di era WFH. Bahkan menjadi inspirasi untuk bersama-sama menjadi konsumen yang bertanggung jawab,” tutupnya. (*)

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).