Ketahui Endovac dan Sonic Activation Eddy System untuk Membersihkan Saluran Akar Gigi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Data Riskesdas 2018, menunjukkan prevalensi nasional masalah karies gigi adalah 88,8 persen. Karies gigi adalah penyakit jaringan gigi yang ditandai dengan kerusakan jaringan. Dimulai dari permukaan gigi meluas ke arah pulpa yang berisi saraf gigi dan pembuluh darah. Karies adalah hasil interaksi dari bakteri di permukaan gigi, plak, dan diet sehingga terjadi demineralisasi jaringan karies gigi dan memerlukan cukup waktu untuk kejadiannya. Karies yang meluas akan melibatkan bagian pulpa. Kerusakan yang melibatkan pulpa bila tidak dilakukan perawatan maka akan berlanjut sehingga gigi menjadi nekrotik atau mati dan akan meluas ke jaringan sekitarnya . Gigi yang nekrotik memerlukan perawatan saraf gigi atau yang dikenal dengan Perawatan Saluran Akar gigi (PSA) yang bertujuan untuk mengeliminasi mikroorganisme dan jaringan nekrotik sebanyak mungkin dalam ruang pulpa sehingga akan memberikan lingkungan yang kondusif agar terjadi proses penyembuhan bagi jaringan sekitar gigi.

Perawatan saluran akar terdiri dari pembersihan saluran akar dan pengisian ruang saluran akar yang telah dibersihkan. Pembersihan saluran akar pada gigi yang mengalami kerusakan dilakukan dengan tindakan preparasi yaitu menggunakan mata bur khusus yang dikenal dengan file preparasi saluran akar gigi yang terbuat dari baja dengan teknologi metal yang dihubungkan dengan motor untuk menggerakan dengan pola tertentu untuk menghasilkan dinding saluran akar yang bersih. Pembersihan dinding saluran akar selain menggunakan file dilakukan juga dengan membilas ruang pulpa menggunakan larutan yang mengandung anti bakteri.

Optimalisasi pembersihan dilakukan menggunakan sistem yang dikenal dengan sistem irigasi saluran akar, merupakan alat yang memiliki kemampuan untuk mengaktifasi larutan dengan gerakan tertentu menghasilkan pola streaming sehingga larutan irigasi akan tersebar secara merata dalam ruang pulpa sampai pada ujung akar gigi.   Efektifitas irigasi saluran akar gigi dipengaruhi oleh pola penyebaran larutan irigasi keseluruh permukaan dinding saluran akar gigi, yaitu pencapaian terhadap ujung akar dan kemampuan penyebaran secara lateral ke dinding saluran akar (lateral penetration).

Sistem irigasi berdasarkan penghantarannya dibagi menjadi dua yaitu tekanan positif (syringe – needle), dan tekanan negatif (endovac). Sistem irigasi berdasarkan agitasinya dibagi menjadi tiga yaitu manual (manual dynamic activation), sonik (Eddy sistem), dan ultrasonik agitasi (passive ultrasonic agitation). Sistem irigasi akan mempengaruhi pola irigasi terhadap dinding pada saluran akar dan kemampuan pencapaian ujung akar. Teknik irigasi konvensional yang banyak digunakan adalah syringe dan needle karena relatih murah, mudah didapat dan penggunaannya mudah. Namun demikian karena secara anatomi ruang pulpa merupakan daerah dengan ujung akar diliputi oleh jaringan yang kompleks maka maka Teknik irigasi konvensional memungkinkan terjadinya efek vapor lock dari larutan irigasi sehingga proses pembersihan dari sistem saluran akar tidak berjalan dengan maksimal.

Teknik negative pressure irigation (Endovac system) terdiri dari tiga komponen yaitu mikrokanula, makrokanula dan master delivering tip. Ketiga komponen ini memiliki fungsi tersendiri. Master delivery tip berfungsi untuk mengeluarkan larutan irigasi pada ruang pulpa. Makrokanula pada saluran akar akan menyerap larutan irigasi yang terletak pada 2/3 atas saluran akar gigi dan mikrokanula akan menyerap cairan irigasi pada ujung akar. Sistem tekanan negatif ini menyebabkan aliran cairan irigasi terus mengalir secara konstan dan dinamis menjangkau saluran akar hingga ujung akar. sepanjang kerja. Sedangkan Eddy system menggunakan tip polyamide yang digerakkan dengan mesin yang menggunakan tekanan udara menghasilkan getaran sonic pada frekuensi 5000-6000 Hz menghasilkan efek “cavitation” dan “acoustic streaming” sehingga cairan irigasi di dalam saluran akar bekerja lebih efektif.

Ketiga sistem tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sehingga perlu dilakukan penelitian untuk melihat pola larutan irigasi pada teknik negative pressure irigation (Endovac) dan Eddy system untuk meningkatkan keberhasilan perawatan saluran akar.

Dari hasil penelitian seperti yang telah dipublikasikan di Journal of International Dental and Medical Research dibuktikan bahwa Eddy® system memiliki kemampuan streaming untuk menghasilkan penetrasi lateral ke dinding saluran akar lebih baik sedangkan kemampuan mencapai ujung akar giginya tidak berbeda dibandingkan dengan endoVac.

Penulis: Dr Dian Agustin Wahjuningrum, drg.,SpKG(K)

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

http://www.jidmr.com/journal/wp-content/uploads/2020/04/20.D19_889_Dian_Agustin_Wahjuningrum_Indonesia.pdf

Dian Agustin Wahjuningrum, Raymond Kandow, M Rulianto, Kevin Prayogo. Irrigation Solution Pattern in Root Canal Treatment (Irrigation Solution Pattern in Root Canal between Negative Pressure System by Endovac and Sonic Activation by Eddy System). JIDMR-2020:13(1)

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).