Potensi Induksi Kombinasi Ekstrak Propolis Alami

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh liputan6.com

Salah satu faktor lokal penyebab kehilangan gigi adalah pencabutan gigi. Suatu proses pencabutan gigi yang normal akan selalu diikuti dengan adanya resorpsi dan regenerasi tulang alveol. Tulang alveolar salah satu bagian dalam rongga mulut yang mempunyai peranan penting dalam penggunaan gigi tiruan. Gigi tiruan memerlukan suatu tahanan berupa tulang alveol yang mempunyai kepadatan yang baik, baik itu berupa gigi tiruan lepasan, gigi tiruan cekat maupun gigi tiruan implant. Resorpsi tulang alveolar diketahui berjalan cepat selama 1 tahun setelah pencabutan gigi dan akan berlanjut pada tahun berikutnya. Selama 1 tahun setelah kehilangan gigi, terdapat 25% penurunan lebar tulang l dan 40% penurunan pada lebar tulang selama satu sampai tiga tahun pertama setelah pencabutan gigi.

Pada pencabutan gigi asli yang dilakukan biasanya terjadi trauma pencabutan yang memicu terjadinya keradangan, karena pada keradangan memicu pertumbuhan osteoklas dan menyebabkan resorpsi tulang alveol. Diperlukan preservasi soket pencabutan gigi asli pada penderita supaya menurunkan terjadinya resorpsi tulang alveol, juga merupakan upaya mempertahankan tulang alveol sehingga  mempunyai kepadatan yang baik, dari arah vertikal maupun horisontal.

Di bidang Kedokteran dan kedokteran gigi  penggunaan graft untuk perbaikan defek tulang maupun augmentasi sudah sering dilakukan, Bovine Bone Graft (BBG)  adalah suatu allograft buatan bank Jaringan RSUD Dr. Soetomo sudah sering digunakan. Propolis mengandung resin dan  banyak bioaktif antara lain , bioflavonoid, artepilin,apigenin, Caffeic Acid Phenethil Ester ( CAPE) yang mempunyai khasiat sebagai penanggulang keradangan, anti oksidan, antibakteri, antivirus dan imunomodulator serta merangsang penyembuhan jaringan.

Heat shock protein 70 (HSP70) adalah protein stres yang dapat terjadi pada semua jenis sel. Dalam keadaan normal HSP bertindak sebagai molekul pendamping. Dalam kondisi normal HSP mempertahankan homeostasis sel dan diekspresikan saat sel mengalami stres akibat cedera. HSP70 Intraseluler bertindak sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan proliferasi sel sehingga mendukung perannya dalam penyembuhan luka, sedangkan Osteokalsin adalah bagian terbesar dari osteoblas sebagai tanda regenerasi tulang dan mengurangi resorpsi  tulang alveol setelah pencabutan gigi.

Bagaimanakah keadaan tulang alveol  bila  ekstrak propolis dan bovine bone graft  diisikan pada soket pencabutan gigi dilihat pada hari ke 3 dan ke 7 ? Penelitian ini dilakukan perlakuan pada hari ke 3 dan ke 7 , dengan membandingkan pengisian soket yang diisi oleh, Polietilen glikol ( PEG) sebagai kontrol, ekstrak propolis, + PEG, Bovine Bone Graft  (BBG) + PEG  dan kombinasi Ekrtrak propolis+ BBG+PEG.

Tujuan dari penelitian Imunohistokimia  ini adalah untuk melestarikan soket pencabutan  gigi dengan menggabungkan ekstrak propolis alami dan bahan Bovine Bone Graft untuk mengisi soket pencabutan gigii untuk meningkatkan HSP 70 dan Osteocalsin yang merupakan bagian terbesar osteoblas sebagai tanda regenerasi tulang dan mengurangi resorpsi tulang alveol setelah pencabutan gigi .

Hasil dari penelitian ini kelompok dengan kombinasi ekstrak propolis dan BBG pada hari ke 3 dan  ke 7  menunjukkan jumlah tertinggi ekspresi HSP70, ekspresi osteocalsin, dan sel-sel osteoblas serta menunjukkan  jumlah sel osteoklas terendah. Dalam penelitian ini terbukti bahwa kombinasi propolis dan ekstrak BBG dapat meningkatkan ekspresi HSP70 intraseluler. Ini dapat terjadi karena ekstrak propolis mengandung senyawa polifenol yang memiliki efek anti-oksidan, sitoprotektif dan anti-inflamasi. Polyfenol mampu menangkap radikal bebas yang dihasilkan oleh stres oksidatif.

HSP70 juga memiliki kemampuan dan aktivitas dalam sistem perbaikan sel, sehingga disebut juga respons stres seluler.  Peningkatan HSP70 akan melindungi protein, termasuk perlindungan ekspresi sel itu sendiri. Ini  akan meningkatkan fungsi sel termasuk sel-sel sistem kekebalan tubuh. Selain itu aktivitas HSP70 dalam penyembuhan luka dimediasi oleh makrofag dengan meningkatkan pengaturan fungsi fagosit dan menginduksi makrofag dalam pelepasan sitokin dan faktor pertumbuhan.

Kombinasi ekstrak propolis alami dan BBG untuk menjaga soket pencabutan gigi bisa mengurangi keradangan, meningkatkan HSP 70 dan menurunkan sel osteoklas,dan mempercepat osseointegrasi, sehingga mempercepat pertumbuhan  ekspresi osteokalsin, yang merupakan  elemen terbesar sel osteoblas. Kesimpulan dari penelitian ini kelompok dengan kombinasi ekstrak propolis dan BBG pada hari ke-3 dan ke-7 meningkatkan  ekspresi HSP70, ekspresi osteocalcin, dan sel-sel osteoblas tertinggi, yang menunjukkan regenerasi tulang alveol  serta jumlah osteoklas terendah, sehimgga menurunkan resorpsi tulang alveol.

Penulis: Utari Kresnoadi
Penelitian ini dapat dilihat pada DOI https://doi.org/10.105/s-0040-1701921

ISSN1305-7456 @2020 Dental Investigation Society
Utari Kresnoadi, Retno Pudji Rahayu, Maretaningtias DA, Soesanto : (2020) The Potential of Natural Propolis Extract combined Bovine Bone Graft in Increasing Heat Shock Protein 70 and Osteocalcin on Socket Preservation,, Europian Journal of Dentistry,2020 ,14(1):31-37





Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu