Bekal Hadapi Dunia Kerja, Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan UNAIR Lakukan Praktikum Tata Graha

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dituntut untuk mampu menguasai mata kuliah Tata Graha baik secara teori maupun praktik secara langsung. Mata kuliah itu diajarkan agar dalam dunia kerja nantinya mahasiswa mampu untuk melayani tamu yang datang menginap di hotel secara profesional.

Dalam dunia perhotelan mata kuliah ini masuk dalam Departement Housekeeping yang bertugas untuk menjaga kebersihan, kerapihan, kenyamanan kamar, ruangan umum, restoran, bar, dan outlet umum lainnya di Hotel.

Departemen Housekeeping memiliki tanggung jawab yang sangat besar di dalam dunia Hotel, mengingat departemen ini berhubungan langsung dengan tamu. Hal itu berguna untuk memiliki keterampilan lebih serta wawasan yang luas dalam bekerja.

Oleh sebab itu, di dalam institusi yang terdapat jurusan atau prodi Perhotelan, ilmu maupun teori yang berkenaan dengan housekeeping sangatlah perlu untuk diajarkan kepada mahasiswa.

Seperti halnya D3 Manajemen Perhotelan UNAIR, mahasiswa mendapatkan mata kuliah Tata Graha bersama dengan dosen yang ahli pada bidangnya yaitu Afi Wijayanti. Mata kuliah itu dibagi menjadi dua kelas yakni  DN 1 pukul 07.00 dan DN 2 pukul 12.40. Selain itu praktikum juga dilakukan dan berlangsung di Airlangga Hotel. Tujuannya agar mahasiswa tidak hanya memahami  teori saja melainkan agar mendapatkan praktik secara langsung sebagai bekal saat bekerja di Hotel nantinya.

Sementara itu mahasiswa juga diajari beberapa hal di antaranya towel art, making bed, set up trolley, entering the room, dan lain-lain. Antusiasme mahasiswa pun juga sangat tinggi.

“Dengan ini di harapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilannya secara langsung dan mengasah soft skill serta hard skill yang di milikinya yang tentunya sangatlah diperlukan, sebagai bekal hadapi dunia kerja nantinya khususnya di dunia Perhotelan,” ungkap Cindy Laurencia Soebagio, Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan itu.

Penulis: Novaldi Fabian Reza Hutomo

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu