Angkat Tema Masyarakat Hukum Adat Talang Mamak, Mahasiswa FH UNAIR Raih Best Paper ALSA Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DARI KIRI: Ulfah Septian Dhika dan Atiqoh Farhan Maulani. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Prestasi akademik kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR). Tiga mahasiswa FH UNAIR yakni Dania Shofi M, Ulfah Septian Dhika, dan Atiqoh Farhan Maulani berhasil mendapatkan kategori Best Legal Opinion (LO) Competition yang diadakan oleh Asian Law Student Assotiation (ALSA) Indonesia. Kategori Best Legal Opinion itu diumumkan pada Minggu, (1/3/2020).

Dalam perlombaan tersebut delegasi, UNAIR mengangkat tema Masyarakat Hukum Adat Talang Mamak dan berhasil mendapatkan Juara I Best LO mengalahkan beberapa universitas yang ada di Indonesia, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan beberapa universitas lain.

Atiqoh Farhan Maulani yang akrab disapa Iqoh mengungkapkan bahwa pilihan tema yang diangkat dia dan tim adalah karena masih belum banyak pihak yang menulis. Menurutnya, tema itu menarik untuk digali lebih dalam.

“Jadi kenapa tertarik membahas tema itu karena belum banyak yang menulis tentang Masyarakat Hukum Adat Talang Mamak. Dan memang isu hukum adat ini menarik untuk dikaji, apalagi masyarakat juga belum banyak yang tahu tentunya. Oleh karena itu kita angkat tulisan itu supaya mengenalkan juga ke masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Dalam penyusunan LO tersebut Iqoh mengaku sedikit mengalami kesulitan. Terlebih karena tema tentang hukum adat terbilang cukup sulit untuk mendapatkan bahan bacaan maupun informasinya.

“Kalau untuk kesulitannya itu di bahan-bahan bacaan sih, yang kurang. Karena susah untuk menemukan buku atau jurnal-jurnal yang secara khusus membahas tentang Masyarakat Hukum Adat Talang Mamak,” ujar mahasiswa semester enam itu.

“Tetapi untungnya kami mendapat bantuan dari dosen-dosen yang memang ahli di bidang hukum adat. Jadi sangat terbantu,” tambahnya.

Sebagai penutup Iqoh berpesan kepada mahasiswa FH untuk jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengikuti perlombaan. “Pesen aku buat teman-teman FH jangan takut ambil kesempatan ikut lomba. Karena kalau kita tidak mau mencoba kita nggak bakal bisa mengukur kemampuan kita sejauh mana. Intinya sih, coba aja dulu dan tetap lakukan yang terbaik,” pungkasnya. (*)

Penulis : Sugeng Andrean

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu