Lulusan Terbaik S1 FKG Teliti Efek Induksi Spirulina dan Kitosan pada Soket

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tiffany Josephine Hidayat, Wisudawan Terbaik S1 Fakultas Kedokteran dan Gigi. (Ilustrasi oleh Feri Fenoria R)

UNAIR NEWS – Tiffany Josephine Hidayat atau Tiffany, mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Gigi berhasil menyelesaikan studinya dengan skripsi yang berjudul “Efek Induksi Spirulina 12% dan Kitosan 20% pada Soket Pasca Ekstraksi Gigi Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Model Diabetes Mellitus terhadap Ekspresi TNF-α”. Yaitu terkait dengan kemampuan gel kombinasi spirulina dan kitosan dalam menurunkan sitokin proinflamasi TNF-α pada luka bekas pencabutan gigi pada hewan coba dengan diabetes mellitus.

Pada proses penelitian tersebut, salah satu kendala yang dihadapi oleh Tiffany adalah saat proses induksi diabetes mellitus ke hewan coba. Karena meskipun sudah diberi streptozotocin masih terdapat beberapa hewan coba yang tidak terkena diabtes sehingga harus dieksklusi dari penelitian.

“Untungnya sampel hewan coba awal lebih banyak daripada yang seharusnya, untuk jaga-jaga,” ucapnya.

Semasa kuliah, Tiffany aktif pada organisasi Sie Kerohanian Kristen dan Katolik FKG UNAIR selama tiga tahun. Salah satu capaian yang paling berkesan untuk Tiffany adalah menjadi presentator di konfrensi  International Association for Dental Research Southeast Asian (IADR-SEA) di Da Nang, Vietnam.

Saat ini Tiffany sedang menjalani klinik profesi di Puskesmas Keputih. Kedepannya Tiffany berencana untuk langsung kerja atau melanjutkan kuliah spesialis.

Bagi mahasiswa S1 yang sedang berjuang menyelesaikan studinya, Tiffany berpesan agar terus mereka menjalani kesibukan selama kuliah meski kadang susah. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, jangan terlalu dipikir untuk menghindari stress. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk mengikuti banyak kegiatan daripada nanti keteteran.

“Jalani saja studi S1 meski kadang susah. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, jangan terlalu dipikirkan daripada stress dan jangan memaksakan diri pada banyak aktivitas jika nanti malah keteteran,” pungkas gadis kelahiran tahun 1997 itu.

Penulis: Galuh Mega Kurnia
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).