Lulusan Terbaik S1 FEB: Volunteer Tambah Semangat Kuliah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ni Komang Francea Purnama, Wisudawan Terbaik S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (Ilustrasi oleh Feri Fenoria R)

UNAIR NEWS – Ni Komang Francea Purnama, atau akrab disapa Francea adalah salah satu peraih gelar wisudawan terbaik jenjang S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada periode wisuda Maret 2020. Gadis kelahiran Denpasar, 9 Juli 1998 itu menamatkan studinya dengan perolehan IPK hampir sempurna, yakni 3,97.

Hidup jauh dari keluarga di usia muda tentu bukan hal yang mudah. Pada awal masa kuliah, Francea sempat mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan di Surabaya.“Ini pertama kalinya saya hidup jauh dari keluarga, jadi perlu beberapa penyesuaian,” katanya.

Untuk menyelesaikan studinya, Francea mengambil judul skripsi‘Pengaruh Presentation Modality dan Food Claim pada iklan Ethnic Food Indonesia terhadap Food Attractiveness,Taste Expectation dan Purchase Intention dengan variabel moderasi Food Neophobia’. Tulisan ilmiah itu turut serta mendukung program pemerintah mewujudkan kota destinasi wisata kuliner.

“Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui iklan seperti apa yang menarik minat konsumen untuk membeli makanan tradisional Indonesia,” ungkapnya.

Semasa kuliah, penggemar novel Harry Potter itu sering mengikuti aksi sosial. Diantaranya adalah menjadi relawan untuk World Sight Day E-week 2018, mengajar anak-anak disabilitas. Serta aksi 1.000 Guru Surabaya 2019, menjadi guru bagi anak-anak di pelosok Jawa Timurselama satu hari.

Menurutnya, menjadi volunteer adalah salah satu jalan pengabdian ke masyarakat. “Waktu saya menjadi volunteer 1.000 guru. Rekan-rekan volunteer di sana semuanya punya misi yang sama. Semangat adik-adik yang saya temui membuat saya merasa lebih bersyukur dan merasa lebih semangat untuk memperjuangkan pendidikan,” ungkapnya.

Dari awal kuliah hingga semester V, Francea juga aktif dalam kegiatan organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Hindu DharmaUNAIR. Lalu pada semester VI dan VII, dia fokus menyelesaikan studi.

Saat ini, Peringkat ke lima Mawapres FEB 2018 itu berencana mencari pengalaman dengan bekerja. Meskipun begitu, dia juga ingin melanjutkan S2 selagi bisa. Mengutip film finding nemo, ‘just keep swimming’ menjadiprinsip hidup Francea selama ini.

“Setiap ada masalah baik akademik maupun kehidupan pribadi, saya pikir seharusnya tidak menyerah dan berusaha untuk menjalani hidup sebaik mungkin,” tandasnya.

Penulis: Erika Eight N
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu