Disiplin Waktu dan Menentukan Prioritas Antar Ave Raih Predikat Wisudawan Terbaik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
cAve Maria Frisa Katherina, Wisudawan Terbaik S1 Fakultas Hukum. (Ilustrasi oleh Feri Fenoria R)

UNAIR NEWS – Manajemen waktu kerap menjadi persoalan bagi banyak mahasiswa ketika menjalani dunia perkuliahan. Tak terkecuali Ave Maria Frisa Katherina. Padatnya rutinitas kampus seperti tugas akademik, aktivitas organisasi, hingga keikutsertaan pada berbagai kompetisi pernah dilakoninya. Tidak jarang dia juga sempat merasa kewalahan.

Sejak masih duduk sebagai mahasiswa baru, dara asal Surabaya itu memang mulai aktif untuk mengasah kemampuannya dengan menjajal berbagai kompetisi, khususnya dalam debat. Yakni, Internal Moot Court Competition, National Moot Court Competition Tjokorda Raka Dherana V, National Debate Competition I. J. Kasimo, dan banyak lainnya.

Melalui debat, Ave dilatih untuk berpikir secara kritis agar merespon argumen lawan bicara serta terampil dalam menggunakan adagium hukum, teori-teori hukum, dan mempelajari legal solving problem bersama tim.

“Pada tahun 2019, saya mencoba mengasah kemampuan berbahasa serta presentasi. Caranya dengan mengikuti konferensi, seperti International Conference of State Finance and Accountability,” jelasnya.

Selain menjajal kompetisi, putri pasangan Ignasius Freddy Widodo dan Sat Djanuariastuti itu juga berpartisipasi dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH Universitas Airlangga, Komunitas Peradilan Semu FH UNAIR, MYMA, serta ALSA.

“Untuk semakin menambah kompetensi, saya pun sempat menjajal kegiatan magang di Kantor Wilayah Jawa Timur Kemenkumham dan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan dan riset hukum,” cerita sulung dari dua bersaudara ini.

Namun, di tengah rutinitas dalam mengasah kompetensi sebagai lulusan hukum, Ave berupaya mengatur manajemen waktunya agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Meski sempat mengalami berbagai kendala, dara yang hobi menari itu akhirnya berhasil merampungkan pendidikan dengan capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,96.

“Kendala selama menempuh program sarjana (S1) adalah dalam mengatur manajemen waktu. Cara mengatur waktu itu mudah, tapi disiplin terhadap waktu yang sedikit susah,” sebutnya. Ditanya soal tips selama menjalani perkuliahan, Ave menegaskan, ada tiga hal khusus yang senantiasa dipegangnya. Pertama, ora et labora, yakni berdoa sembari melakukan usaha. Kedua, berani melebarkan sayap melalui berbagai macam kegiatan untuk mengasah potensi. Ketiga, jangan takut dengan kegagalan. Always trust the process!

Penulis: Nabila Amelia
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu