Upaya Departemen Periodonsia FKG UNAIR Tingkatkan Health Behaviour Masyarakat Porong

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Upaya Departemen Periodonsia FKG UNAIR Tingkatkan Health Behaviour Masyarakat Porong. (Dok. HUMAS FKG)

UNAIR NEWSHealth behavior adalah aktifitas yang dilakukan oleh individu dengan membangun kesehatan melalui cara pencegahan penyakit atau menanggulangi gangguan penyakit. Sehingga, berbagai macam kegiatan positif dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan status kesehatan individu, terutama di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Salah satu bentuk upaya kegiatan yang dilakukan oleh  PDGI Surabaya, IPERI Komisariat Surabaya, dan Departemen Periodonsia FKG Universitas Airlangga berupa kegiatan bakti sosial kesehatan gigi dan mulut.

Departemen Periodonsia FKG UNAIR diikuti oleh staf dan PPDGS Periodonsia bekerja sama dengan Anggota PDGI Cabang Surabaya, Baharkam Polri, Tim Medis RS Bhayangkara Porong, serta Anggota IPERI Komisariat Surabaya.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 10 Maret 2020 tersebut meliputi pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pembersihan karang gigi, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan lab sederhana, operasi bibir sumbing, donor darah dan khitanan massal. Kegiatan kali ini diselenggarakan di Pusdik Sabhara Lemdiklat Polri, Porong.

Dr. Shafira Kurnia., drg., M.Kes., Sp.Perio(K) selaku ketua IPERI Komisariat Surabaya memberikan apresiasi positif terhadap penyelanggaraan acara.

“Syukurlah kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari masyarakat Porong sehingga pasien yang di periksa dan dirawat mencapai 820 orang pada pasien gigi, dan pasien kesehatan mencapai 1782 orang. Harapan kita bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi mereka yang memerlukan pelayanan Kesehatan,” ucap Shafira.

Berbagai upaya positif dapat dilakukan sebagai upaya menurunkan angka prevalensi penyakit gigi dan mulut. Salah satunya dengan dilaksanakanya kegiatan bakti sosial kesehatan gigi dan mulut. Jumlah peserta yang mencapai 820 orang tentunya menunjukkan tercapainya tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. (*)

Penulis: Lubna, Ratna Nurlia Alfiandini

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).