Kisah Kemal Wisudawan Berprestasi FKG yang Aktif Berorganisasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kemal Alif Athallandi, Wisudawan Berprestasi Fakultas Kedokteran Gigi. (Ilustrasi oleh Feri Fenoria)

UNAIR NEWS – Kemal Alif Athallandi, mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) tersebut aktif mengikuti berbagai kegiatan akademik maupun non akademik. Beberapa organisasi yang sempat dia ikuti adalah BEM FKG UNAIR dan  Scientific College Committee (SCC) yang merupakan komunitas keilmiahan di FKG UNAIR.

“Selain itu saya sering juga untuk gabung dalam beberapa kepanitiaan di FKG UNAIR seperti Airlangga Dentistry Scientific Meeting, Dentistry Intellectual Challenge (DENTINE), kegiatan Bakti Sosial (Dentistry Charity), dan masih banyak lagi,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Kemal tersebut.

Kemal juga aktif mengikuti kompetisi keilmiahan secara berkelompok baik tingkat nasional atau internasional. Menurutnya, prestasi tertinggi yang pernah diraih adalah juara 2 lomba riset ilmiah tingkat internasional di FKG Universitas Gadjah Mada.

Tidak hanya itu, Kemal juga sempat menjadi juara 2 lomba karya tulis literature review di FKG UNAIR dan juara 3 di FKG Universitas Sumatera Utara dan Universitas Brawijaya. Kemal juga sempat menjadi finalis lomba riset ilmiah (scientific research) tingkat internasional di Thailand.

Meskipun aktif berorganisasi dan banyak menjuarai lomba, Kemal mengaku pernah mengalami kesulitan pada awal-awal semester perkuliahan terutama pada mata kuliah praktikum kedokteran gigi. Menurutnya, dia tidak memiliki keterampilan tangan saat praktikum sehingga membuatnya tertinggal.

“Karena padatnya jadwal kuliah di FKG ditambah lagi dengan saya mengikuti beberapa kegiatan organisasi dan kepanitian membuat saya harus pintar mengatur waktu, energi, dan tingkat stress saya,” jelasnya.

Kepada mahasiswa yang sedang menjalani studi S1-nya, Kemal berpesan agar selalu bersemangat dalam menjalani kuliah apapun tantangan yang akan dihadapi kedepannya. Selain itu, jangan malu untuk explore kemampuan dan minat diri selama kuliah. Menurutnya, menjadi produktif dengan mengikuti kegiatan diluar waktu kuliah dapat menambah kemampuah soft skills dan menambah relasi yang mungkin berguna dimasa depan.

“Jangan malu untuk explore kemampuan dan minat diri sendiri selama kuliah karena gak selamanya kuliah hanya belajar saja,” pungkasnya.

Penulis: Galuh Mega Kurnia
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).