Rela Tempuh Perjalanan Jauh Demi Penelitian, Mahacita Andanalusia Raih Predikat Wisudawan Terbaik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahacita Andanalusia, Wisudawan Terbaik S2 Fakultas Farmasi. (Ilustrasi oleh Feri Fenoria Rifa'i)

UNAIR NEWS – Berhasil menempuh studi dengan baik dan bisa lulus tepat waktu merupakan impian semua mahasiswa. Tak terkecuali bagi Mahacita Andanalusia, mahasiswi S2 Fakultas Farmasi. Gadis kelahiran Mataram itu sangat bersyukur bisa menyelesaikan pendidikan magisternya di tahun 2020.

Alhamdulillah, studi selama S2 ini berjalan lancar. Hambatan dan kendala tentu ada, tapi saya bersyukur tidak ada hambatan yang berarti dari sisi akademik,” bukanya.

Mahacita berhasil lulus dengan IPK 3,92 dan tesisnya yang berjudul “Pengaruh Edukasi dan Custom-Pillbox oleh Apoteker terhadap Kepatuhan Penggunaan Obat pada Pasien Diabetes Melitus”. Penelitian itu dilakukan di Puskesmas Tanjung Karang, Mataram, yang sekaligus merupakan kampung halamannya. Ia mengungkapkan bahwa terdapat beberapa alasan di balik judul yang dipilihnya.

Menurut Mahacita, kepatuhan dalam penggunaan obat telah menjadi sebuah masalah yang kompleks di masyarakat. Permasalahan itu perlu segera diselesaikan, mengingat dapat memengaruhi kondisi pasien di masa yang akan datang.

“Untuk itu, melalui tesis ini, saya menggunakan edukasi dan custom-pillbox untuk membantu memperbaiki kepatuhan pasien,” ungkapnya.

Melalui custom-pillbox tersebut, Mahacita berharap kepatuhan pasien dalam menggunakan obat dapat menjadi lebih baik. Dengan kepatuhan yang baik, maka kondisi kesehatan dan kualitas hidup pasien juga bisa ikut membaik.

Dalam menyelesaikan studi dan penelitiannya, Mahacita menuturkan bahwa tantangan terbesar yang ia temui adalah jarak. Dengan lokasi penelitian yang berada di Mataram dan posisi kampus di Surabaya, Mahacita harus rela menempuh perjalanan yang cukup jauh.

“Meskipun harus menempuh perjalanan Mataram-Surabaya beberapa kali untuk keperluan penelitian, Alhamdulillah semua prosesnya berjalan dengan baik,” ucapnya.

“Semua itu tentu saja berkat dukungan dari keluarga, teman-teman terdekat, dan juga dosen pembimbing,” lanjutnya.

Mahacita berbagi bahwa dalam menjalani perkuliahan, hal terpenting yang harus dilakukan adalah meluruskan niat. Jika niat kita lurus dan baik, maka ilmu yang diperoleh selama kuliah akan bermanfaat dan hari demi hari yang dilewati akan terasa menyenangkan.

Penulis: Sukma Cindra Pratiwi

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu