Ella: Jangan Habiskan Masa Kuliahmu di Kelas dan Kamar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Emanuella Ninta Toreh Wisudawan Berprestasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (Ilustrasi: Feri Fenoria Rifai)

Jangan habiskan masa perkuliahanmu hanya di kelas dan kamar. Percayalah, kamu tidak akan rugi

UNAIR NEWS – Emanuella Ninta Toreh tidak menyangka bahwa wisuda Maret 2020 akan menjadi momen yang bahagia dalam hidupnya. Mahasiswa yang akrab disapa Ella itu berhasil memperoleh gelar Wisudawan Berprestasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR.

Semasa kuliah, Ella berhasil menorehkan berbagai macam prestasi gemilang. Ella pernah mendapatkan prestasi sebagai Juara I dan Juara Favorit dalam workshop yang diadakan di Tatung University, Taiwan. Ella juga terpilih sebagai salah satu dari dua mahasiswa UNAIR yang mendapat kesempatan untuk belajar selama satu semester di National University of Singapore (NUS).

Selain berkuliah, Ella juga menyibukkan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi, di dalam maupun di luar kampus. Ella juga aktif mengikuti berbagai kegiatan untuk mengasah soft skills.

Untuk organisasi di dalam kampus, Ella bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional. Sedangkan untuk organisasi di luar kampus Ella bergabung dengan Forum for Indonesia Chapter Surabaya. Ella juga diterima sebagai salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus oleh Djarum Foundation.

“Selain itu, aku juga mengikuti berbagai workshop, paper conference, dan menjadi sukarelawan dalam kegiatan sosial,” tambahnya.

Ella bercerita bahwa hambatan semasa kuliah pasti akan selalu ada, tapi belum pernah sampai di tahap di mana hambatan itu menghentikan perjuangan belajar di bangku S-1. Menurut Ella, lingkungan belajar di jurusan Hubungan Internasional adalah lingkungan yang sangat suportif.

Ella dipertemukan dengan teman-teman seangkatan yang saling mendukung dan mau membantu jika ada teman yang kesusahan. Senior yang tidak susah diajak berdiskusi bahkan untuk diminta mengadakan tutor menjelang ujian, serta dosen-dosen yang sangat membantu dalam proses perkuliahan.

Selama masa kuliah, Ella selalu berusaha untuk mengasah hard-skill dan soft-skill. Jika dirasa sudah mendapatkan asupan hard-skills yang cukup, maka perbanyaklah kegiatan yang bisa mengasah soft-skills. Bisa dengan berorganisasi ataupun mengikuti kegiatan-kegiatan lainnya.

“Jangan habiskan masa perkuliahanmu hanya di kelas dan kamar. Percayalah, kamu tidak akan rugi,” tuturnya.

Pada akhir, Ella berharap UNAIR bisa semakin maju untuk mencapai visinya sebagai World Class University dan dapat memperbaiki diri dari segala aspek, sehingga semakin dapat menunjang tercetaknya mahasiswa penerus bangsa. (*)

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).