Wisuda Hari Kedua, Rektor: Lulusan UNAIR Harus Amalkan Tagline UNAIR HEBAT

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prosesi Wisuda Hari Kedua Periode Maret 2020. (Foto: M. Alif Fauzan)

UNAIR NEWS – Hari kedua Wisuda Universitas Airlangga (UNAIR) berlangsung pada Minggu (8/3/2020). Bertempat di Airlangga Convention Center (ACC) UNAIR Kampus C, Rektor kembali mengukuhkan 1.289 wisudawan. Dalam sambutannya, Rektor UNAIR Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA., menyampaikan sejumlah pesan kepada para wisudawan. Rektor mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan pendidikan tinggi di UNAIR.

UNAIR tercatat sebagai perguruan tinggi yang memiliki reputasi alumni yang baik dalam skala nasional maupun internasional. Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor dalam pemaparan potensi alumni UNAIR yang terindeks dalamQS World Top Graduate Employability Ranking.

“Reputasi para lulusan UNAIR di dunia kerja sudah mencapai target yang diharapkan bersama yakni berada di posisi 393 World Top Graduate Employability Ranking. Lulusan UNAIR tercatat memiliki peluang lebar untuk memperoleh pekerjaan,” terang Rektor.

Kendati demikian, Rektor menekankan bahwa diperlukan keinginan dan motivasi yang tinggi untuk mencapai kesuksesan yang akan datang. Kemauan dan kemampuan untuk sukses menjadi tantangan yang harus dihadapi para wisudawan. Selain itu dibutuhkan kepercayaan diri yang cukup bagi lulusan UNAIR agar dapat memenangkan persaingan dunia kerja. Dunia berubah dengan sangat cepat.

“Dengan proses yang sangat panjang, mulai dari perencanaan, perancangan kurikulum, pemberian sarana prasarana, serta dosen-dosen yang kapabilitasnya teruskita tingkatkan, Anda harus membuktikan bahwa Anda adalah orang-orang yang excellence with morality.Otaknya memiliki keunggulan yang luar biasa, namun hatinya memiliki kelembutan dan ketakwaan yang juga luar biasa,” tegas Rektor.

Rektor menambahkan bahwa keberhasilan yang dicapai oleh wisudawan tidak terlepas dari kontribusi dan peran semua pihak. Oleh sebab itu, Rektor berpesan kepada para wisudawan supaya senantiasa bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.Rektor meyakini bahwa lulusan UNAIR akan menjadi orang-orang yang hebat. Sebagaimana tagline UNAIR HEBAT yang merupakan kependekan dari Humble, Excellence, Brave, Agile, danTranscedent.

“Pertama Anda harus H, Humble atau rendah hati. Berbekal ke-humble-an, proses belajar mengajar akan bisa berlangsung sepanjang hayat. Kerendahan hati akan membuat saudara mudah menerima kebaikan dari manapun. Kunci pembelajar sejati adalah menjadi orang yang rendah hati,” sebut Rektor

Excellence, Anda harus menjadi orang yang unggul dalam berbagai hal. Brave, Anda harus berani mempunyai semangat juang yang tinggi. Kemudian Agile, yakni tangkas menghadapi perubahan dan dinamika yang terjadi di lingkungan sekitar. Terakhir Transcedent, yakni selalu menghadirkan Tuhan dalam setiap langkah,” tutur Rektor. (*)

Penulis : Zanna Afia

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).