Mahasiswa FH UNAIR Sabet Juara I Lomba Debat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Delegasi FH UNAIR yang tergabung dalam Badan Semi Otonom Masyarakat Yuris Muda Airlangga berhasil menyabet Juara I dalam lomba debat tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Parahyangan. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Delegasi Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) yang tergabung dalam Badan Semi Otonom Masyarakat Yuris Muda Airlangga (MYMA) lagi-lagi menorehkan prestasi yang membanggakan di kancah nasional. Mahasiswa FH UNAIR tersebut berhasil menyabet Juara I dalam lomba debat tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Parahyangan tanggal 29 Februari  lalu.

Persiapan yang dilakukan oleh tim debat yang beranggotakan Ezra Tambunan (2018), Ardiana Noventri (2018), Qana’ah Noor Maajid (2018), Rahajeng Dzakariyya Ikbar (2019), Ika Putri Rahayu (2019), Stefania Arshanty (2019) tersebut memakan waktu selama satu bulan, yakni dari tanggal 29 Januari hingga 29 Februari 2020.

Ezra Tambunan ketua delegasi lomba mengungkapkan ada tiga mosi dalam babak penyisihan lomba debat saat itu, yakni Pemberlakuan Hukum Adat dalam RKUHP, Penghapusan Outsourcing Sistem dalam UU Ketenagakerjaan, dan Pemblokiran Akses Internet Oleh Negara dalam Rangka Menangkal Hoax, dan  Menjaga Keamanan Negara. Sementara di babak final mosinya yaitu Ratifikasi Optional Protocol to the Convention Against Torture oleh Negara Indonesia.

Ezra sapaan akrabnya, juga mengungkapkan terdapat ketimpangan dalam mosi tersebut yang terkadang membuat susah.

“Untuk mosinya kalau menurutku agak timpang. Kadang pihak pro gampang banget, giliran kontra karena nggak status a quo jadi susah,” ungkap Ezra.

Ezra juga mengungkapkan banyak suka dan duka yang dialami dalam mempersiapkan lomba debat kali ini. “Kalo untuk suka duka tentu ada ya. Dukanya itu mungkin harus bagi waktu antara kuliah dan latihan, jadi nggak ada waktu main, harus menyiapkan semuanya dobel mulai dari energi, pikiran, dan tenaga,” ucap Ezra.

“Untuk sukanya, tentu pas dapat juara ini bahagia banget. Terus juga sukanya bisa dapat ilmu baru, dan juga bisa membawa nama baik kampus di kancah nasional,” lanjut mahasiswa semester empat tersebut.

Ezra berharap, kemenangan timnya ini bukanlah akhir, melainkan awal dari kemenangan-kemenangan yang lain ke depan.

“Harapanya ini bukan akhir, tetapi awal dari kemenangan-kemenangan selanjutnya. Semoga ke depan mahasiswa FH yang lain juga bisa memmbanggakan nama baik UNAIR lewat prestasi-prestasi lainnya,” pungkas Ezra. (*)

Penulis : Sugeng Andrean

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu