Gaet Alumni Demi Suksesnya Mencari Lapangan Pekerjaan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga periode 2020-2021 Ahmad Jabal Maulidaya Sabah. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Langit mendung tak menyurutkan semangat Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga periode 2020-2021 Ahmad Jabal Maulidaya Sabah serta Wakil Ketua BEM FPK Akmal Yusuf Haryadi. Keduanya setuju untuk ditemui tim redaksi UNAIR NEWS di sela rapat dengan anggota BEM.

“BEM merupakan organisasi dimana kita bisa berdinamika dan berproses di dalamnya serta membentuk softskill dan membentuk karakter kita dan mengasah kemampuan-kemampuan yang kita tak pernah sadari,” ujar Jabal saat menjelaskan pandangan arti BEM.

Sebelum menjabat menjadi ketua BEM FPK periode 2020-2021, mahasiswa kelahiran Bojonegoro, 18 Juli 1999 tersebut tergabung dalam ormada ABC (Airlangga Bojonegoro Community) di Departemen Pengmas. Selanjutnya, ia bergabung di Departemen Sosial Masyarakat Kabinet Sinergisitas BEM FPK 2018. Hingga sekarang, Jabal tergabung dalam Beasiswa Etos Surabaya dan pernah menjadi Ketua Pelaksana Desa Produktif (Despro) dan menjadi Mas’ul SKI FPK 2019.

Di Kabinet Kolaborasi terdapat perubahan nama Departemen Dalam Negeri (DAGRI) menjadi Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (ADKESMA) dengan tupoksinperya adalah peran advokasi dan peran kesejahteraan mahasiswa. Lalu dengan menambah satu departemen baru, yakni Departemen Hubungan Luar.

Dengan departemen baru ini nantinya lebih menggaet alumni dengan mengadakan program sharing alumni yang terbagi tiga bidang kerja, yakni akademisi, profesionalis, dan juga wirausaha. Lalu puncak dari sharing alumni ini adalah Fish Career.

“Nantinya tidak hanya memanggil alumni dengan latar belakang satu prodi saja. Kita akan memanggil alumni FPK UNAIR sesuai latar belakang profesi di bidang Akuakultur maupun Teknologi Hasil Perikanan,” papar Jabal.

Fish Career merupakan program seminar karir yang dikemas seperti talkshow dengan mendatangkan tiga pemateri yang sesuai tiga bidang kerja di program sharing alumni. Selain itu, program ini akan menggelar booth-booth dari perusahaan tempat kerja alumni FPK UNAIR sebagai wadah informasi mengenai pekerjaan. Rencananya program Fish Career akan dikolaborasikan dengan program Fishpreneur yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan PPKK-UA.

Selain program tersebut, nantinya BEM FPK juga akan menjalankan program-program besar tahunan. Di antaranya adalah Airlangga Maritime Week (kompetisi lomba esai tingkat nasional, Red), Fish Cup (kompetisi futsal, Red), Salmon (kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa, Red), serta Dekan Cup.

Sebagai penutup, Jabal mengingatkan mahasiswa menyalurkan kontribusi dimanapun kalian berada dan bidang apapun yang ditekuni dan jangan menjadi mahasiswa yang tidak mempunyai peran apapun. (*)

Penulis : R. Dimar Herfano Akbar

Editor   : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu