17 Delegasi UNAIR bersama MSU Adakan Community Service di PPR Kampung Baru Hicom Malaysia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Briefing Community Service PPR Kampung Baru Hicom di PPR Kampung Baru Hicom pada Selasa (04/02/20). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS Laju pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Terutama oleh negara berkembang seperti Malaysia. Salah satu upaya untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan project perumahan rakyat (PPR).

Padatnya penduduk yang ada dapat menimbulkan masalah lain seperti kebersihan lingkungan. tumpukan sampah, kotoran hewan peliharaan, hingga sistem drainase yang buruk menjadi sumber penyebab penyakit. Hal tersebut berpengaruh bagi kesehatan, terutama kesehatan anak kecil dan remaja.

Dari permasalahan tersebut, 17 mahasiswa FST UNAIR yang tergabung dalam International community service (ICS) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Management & Science University (MSU) Malaysia mengadakan urban poor community di PPR Kampung Baru Hicom. Kegiatan yang diikutsertai oleh mahasiswa MSU bekerja sama dengan Majlis Tindakan Ekonomi Negara (MTEN) Bandaraya Shah Alam, dilaksanakan pada Rabu (05/02/20).

Army Justitia, S.Kom., M. Kom., selaku pembimbing menuturkan bahwa kegiatan tersebut terbagi menjadi 2 kelompok berbeda. Yakni, Creating A Better Smile kegiatan edukasi anak-anak kecil tentang kebersihan diri, dan “Smart Study Skills” tentang metode belajar yang menyenangkan, efektif dan efisien, yaitu dengan menggunakan metode mind mapping.

Kegiatan edukasi tersebut, lanjutnya, berupa kegiatan menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar. “Hal ini diyakini mampu mencegah berbagai macam kuman dan bakteri yang masuk ke dalam mulut”, ujarnya.

“Selain itu, kegiatan gosok gigi dan cuci tangan adalah kegiatan ringan yang mampu ditirukan dengan mudah oleh anak kecil,” tambahnya.

Army mengungkapkan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya dengan sukarela, bahkan mengajak teman-teman mereka untuk ikut serta.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Army berharap, kebiasaan menggosok gigi dan cuci tangan dengan benar dapat dilakukan terus-menerus maka akan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan bakteri dan kuman. Selain itu, jika kesadaran terhadap kebersihan diri sendiri telah tumbuh, maka akan disertai dengan kesadaran kebersihan terhadap lingkungan sekitar. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu