Bersama AGE, FEB UNAIR Sepakati MoU dengan Fukuoka University Jepang

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Wakil Rektor I Prof Nyoman (kiri) saat berdiskusi dengan delegasi Fukuoka University. (Foto: M. Alif Fauzan)

UNAIR NEWS – Program internasionalisasi terus ditingkatkan oleh Universitas Airlangga (UNAIR). Salah satunya dengan terus memelihara jalinan kerja sama dengan partner universitas luar negeri. Melalui acara yang diprakarsai oleh Airlangga Global  Engagement (AGE), Fukuoka University, Jepang, menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Acara yang berlangsung pada Selasa (25/02/20) di Ruang Kahuripan 303 Kantor Manajemen UNAIR tersebut dihadiri oleh perwakilan dari FEB Dr. Nisful Laila, S.E, M.Com, dan Faculty of Commerce Fukuoka University Prof. Wataru Nagatsuka dan Ass. Prof Yutaka Hayashi. Acara tersebut menyepakati kerja sama dalam bentuk exchange yang dilakukan mahasiswa dan dosen.

“Tujuan utama untuk membawa UNAIR ke kelas internasional, baik bagi mahasiswa maupun bagi dosennya,” ungkap Nisful yang menjabat sebagai Wakil Dekan III FEB UNAIR.

“Tadi sudah disepakati kita akan MoU dengan Fukuoka University diteruskan dengan mahasiswa dari Fukuoka University ke UNAIR bulan Agustus. Mungkin sekitar 50 mahasiswa,” tambahnya.

Selain exchange, ada summer program yang dilaksanakan tiap tahunnya. Ada pula kuliah tamu dan riset yang akan melibatkan para dosen.

Menurut Nisful, kegiatan tersebut dapat memberi banyak manfaat bagi para mahasiswa. Di antaranya dapat mengenal budaya luar, menambah wawasan internasional, dan melatih bahasa internasional.

“Mereka (mahasiswa Fukuoka University, Red) akan belajar tentang budaya indonesia, belajar bagaimana tentang bisnis Indonesia, juga belajar bersama mahasiswa Indonesia di UNAIR,” tuturnya.

Kerja sama tersebut, lanjutnya, merupakan kolaborasi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Melalui kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan.

“Dengan begitu, diharapkan rencana tersebut berjalan lancar dan membawa dampak positif yang signifikan bagi kedua universitas dan terus berlanjut hingga tahun mendatang,” pungkasnya. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).