Menilik Dinamika dan Sejarah Garuda Sakti UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu potret kegiatan GS UNAIR Banyuwangi berupa monev internal PKM. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Garuda Sakti merupakan sebuah Badan Otonom Universitas Airlangga yang bergerak di bidang keilmuan, yakni Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) demi terciptanya perkembangan atsmosfer keilmuan dan keilmiahan civitas akademik Universitas Airlangga di kancah Nasional maupun Internasional. Termasuk juga dengan yang ada di Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi. Awal terbentuknya Garuda Sakti PSDKU UNAIR di Banyuwangi yaitu pada tahun 2014 atas usulan dan kunjungan salah satu mahasiswa anggota Garuda Sakti di Surabaya.

Tujuan awal dibentuknya Garuda Sakti adalah untuk menampung ide-ide ilmiah mahasiswa yang masih belum memiliki wadahuntuk menganspirasikan idenya. Periode awal berdirinya Garuda Sakti PSDKU UNAIR di Banyuwangi di ketuai oleh Dewi Fatmawati yang merupakan mahasiswi Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) angkatan 2014. Dewi menjabat selama dua periode yaituperiode 2014/2015 dan 2015/2016, dengan fokus kepada divisi PKM. Kemudian pada periode 2016/2017 Garuda Sakti diketuai oleh Romzi Kharisanto mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan divisi yang dibawa adalah PKM, Mawapres dan Prestasi.

Selanjutnya pada periode 2017/2018 dipegang oleh Anjani Marisa dari mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) dengan menambah divisi Kominfo. Untuk periode 2018/2019 dipegang oleh Alvin Avia Aprilliana mahasiswi Fakultas Perikanan dan Kelautan(FPK) dengan total 5 divisi yaitu PKM, Mawapres, Prestasi, Kominfo, dan PSDM. Untuk periode sekarang (2019/2020) dipegang oleh Arum Pratiwi mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan.

Ditemui UNAIR NEWS, Arum Pratiwi menyebut dengan adanya Garuda Sakti, minat dan bakat mahasiswa dalam bidang keilmuwan dapat tertampung. Selain itu, tambahnya,hadirnya Garuda Sakti cukup memiliki posisi strategis untuk menggerakkan atmosfer dalam pengembangan diri mahasiswa diPSDKU, sehingga kedepannya, diharapkan PSDKU UNAIRdi Banyuwangi dapat menerapkan Tridharma perguruan tinggi serta dapat berkiprah lebih baik lagi.

“Garuda Sakti dengan jaket merah kebanggannya, setiap tahun selalu diminati oleh para mahasiswa, tak heran jika persaingan untuk menjadi bagian dari Garuda Sakti cukup ketat. Dengan berbagai divisi tersebut, kualitas dan kuantitas mahasiswa selalu menjadi pertimbangan,” jelasnya. “Harapan saya kepada anggota muda semoga dapat berkontribusi dalam organisasi Garuda Sakti, jadikanlah Garuda Sakti sebagai wadah untuk terus mengembangkan diri baik secara softskill maupun hardskill”, pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu