Tingkatkan Profesionalitas, Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan Lakukan Praktikum Front Office

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa melakukan praktikum front office di ruang praktikum Fakultas Vokasi Universitas Airlangga pada Kamis (13/02/2020). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Untuk meningkatkan profesionalitas mahasiswa dalam bekerja di bidang perhotelan, mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan melakukan praktik kerja front office di ruang praktikum Fakultas Vokasi UNAIR. Front office merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi D3 Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Praktik tersebut bertujuan sebagai pembelajaran dari praktikum mata kuliah front office lanjutan.

“Supaya nggak kalah saing sama Universitas lain, kami melakukan paktikum front office rutin setiap seminggu sekali di kampus,” Ungkap Tasyahilla, mahasiswi Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga semester 4 saat diwawancarai pada Kamis (13/02/2020).

Mahasiswa melakukan praktik penerimaan tamu yang dimulai dari reservasi kamar melalui telephone operator hingga cara menyambut kedatangan tamu ke hotel. “Karena banyak yang minat kerja di bagian front office, jadi kami disini belajar sungguh – sungguh supaya setelah lulus nanti mampu bersaing dan bekerja dengan baik,” tutur Tasyahilla.

Sebelumnya mahasiswa terjun ke lapangan melakukan praktik, mereka dibekali teori terlebih dahulu untuk memudahkan mahasiswa berinteraksi dengan tamu. Mahasiswa diajari langkah – langkah penyambutan tamu, mulai dari check-in sampai check-out serta prosedur menjawab telepon. Selanjutnya para mahasiswa dengan mudah menjalankan intruksi dari dosen.

“Kami juga diajarkan berbahasa asing dan grooming yang baik untuk mempersiapkan diri saat magang pada semester akhir,” Tutur Tasyahilla.

Selain berkomunikasi dengan baik, mahasiswa  harus memperhatikan grooming dan dituntut untuk bias berbahasa asing seperti bahasa inggris, jepang, dan mandarin. Diharapkan dengan adanya praktikum tersebut, mahasiswa dapat memiliki pengetahuan yang luas, dapat bekerja dengan cepat, dan mahir dalam penggunaan komputer. Selain itu, mahasiswa juga harus bisa menangani keluhan tamu.

“Belajar banyak itu bukan beban kalau kita enjoy menjalaninya, yang penting serius dan sungguh – sungguh,” imbuh Tasyahilla.

Kewajiban mahasiswa untuk mempelajari front office yaitu untuk mempersiapkan diri menjadi seorang professional dibidang perhotelan yang kelak bisa berkarir di tingkat nasional maupun internasional pada industri yang sangat dinamis dan menantang.

Penulis: Nabila Putri M

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu