Menilik Makna Logo Kabinet Lentera HMA UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh HMA PSDKU Banyuwangi

UNAIR NEWS – Lentera adalah sebuah nama yang dipilih oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi masa bakti 2020, untuk menjadi nama kabinetnya. Lentera yang merupakan sumber cahaya dan alat penerangan sederhana di masa lalu, pada dasarnya melambangkan kesederhanaan dan kebermanfaatan bagi banyak orang. Lentera juga diartikan sebagai penunjuk jalan kebenaran ditengah kegelapan.

Logo dari kabinet lentera sendiri berupa bentuk dari lentera atau dalam bahasa jawa disebut damar teplok. Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga tahun 2020 menjelaskan bahwa terdapat suatu harapan dibalik pemilihan nama lentera, yakni agar bisa membawa semangat kesederhanaan.

“Dipilihnya nama lentera ini, agar Himpunan Mahasiswa Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, dapat menjadi penerang bagi semua warganya, dan pengurusnya mengabdi dengan semangat kesederhanaan,” terangnya.

Selain nama kabinet yang menarik dan penuh makna, tentu filosofi dari logo yang digunakan juga menarik untuk ditelisik lebih dalam.  Dikutip dari akun sosial media Himpunan Mahasiswa Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, yakni @hmaunairbwi, Logo dari kabinet Lentera sendiri memiliki enam elemen.

Pertama adalah wadah lentera, wadah ini terdiri dari dua susun, yang memiliki warna merah dan kuning. Filosofi dari dua susun wadah lentera ini, melambangkan kepengurusan Himpunan Mahasiswa Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, yang dijalankan oleh dua angkatan termuda yakni angkatan 2018 dan 2019. Elemen ini, juga melambangkan pengharapan agar pengurus himpunan dapat menjalankan tugfasnya dengan baik dalam satu periode kedepan.

Selanjutnya, ada lambang api yang terdiri dari enam bagian. Ke enam bagian api tersebut melambangkan angkatan yang ada di Program Study Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, semenjak dibukanya PSDKU pada tahun 2014 yang lalu. Filosofi dari melambangkan enam angkatan dengan api, adalah semangat yang menyala, dan semangat itulah yang akan selalu dijaga dan dihidupkan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi tahun 2020.

Elemen lambang yang ketiga adalah wadah lentera yang berwarna biru. Wadah berwarna biru tersebut melambangkan himpunan itu sendiri, maknanya, himpunan harus selalu bisa menjaga bara api yang menyala di dalamnya, selain hal tersebut, sebagai wadah, himpunan harus mampu memfasilitasi warga akuntansi.

Elemen keempat adalah enam lingkaran berwarna merah yang mengelilingi api. Ke enam lingkaran tersebut, melambangkan bahwa pada kepengurusan himpunan tahun ini, terdapat enam departemen yang bertugas dalam masa bakti satu periode ke depan.

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu