GEN Corps FKp UNAIR Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2020

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tirta Muhammad Rizky dan Ahmad Junaidi hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana pada tanggal 3-4 Februari 2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana kembali diselenggarakan tahun ini. Acara Rakornas diselenggarakan dua hari berturut-turut, yakni pada tanggal 3-4 Februari 2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor. Acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri serta perwakilan seluruh relawan bencana di Indonesia.

Sebagai salah satu anggota kontingen dari Jawa Timur, GEN Corps FKp UNAIR mengirimkan Tirta Muhammad Rizky (GEN 10) dan Ahmad Junaidi (GEN 11) sebagai delegasi. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tujuan penyelenggaraannya adalah untuk mengajak semua pihak  untuk mendiskusikan tantangan dan solusi dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk membangun komitmen dan kesadaran kolektif bahwa bencana adalah urusan bersama.

Tahun ini, Rakornas Penanggulangan Bencana mengusung tema ‘Penanggulangan Bencana Urusan Bersama’. Ada enam pokok pembahasan utama yang disampaikan di seminar pada 3 Februari 2020 lalu, yaitu Manajemen Kebencanaan, Ancaman Geologi dan Vulkanologi (Gempa Bumi, Tsunami, Likuifaksi, Erupsi Gunung Berapi), Ancaman Hidrometeorologi (Kekeringan, Karhutla, dan Perubahan Iklim), Ancaman Hidrometeorologi (Banjir, Banjir Bandang, Tanah Longsor, Puting Beliung, Abrasi), Ancaman Limbah dan Kegagalan Teknologi, serta yang terakhir yaitu Sosialisasi Katana dan Edukasi Kebencanaan.

Banyak pengalaman yang diperoleh dalam acara yang  ini, seperti yang dikatakan oleh Ahmad Junaidi (GEN 11). Menurutnya, pengalaman yang didapatkan yaitu ilmu baru tentang kebencanaan serta kesempatan untuk menjaring relasi.

“Kita semua mengerti bahwa penanggulangan bencana merupakan urusan bersama mulai dari presiden hingga rakyat. Sehingga bencana-bencana ke depannya dapat diminimalisir bahkan bisa dicegah,” ujar Ahmad Junaidi. (*)

Penulis : Risky Nur Marcelina

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).