Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Gali Wawasan dengan Magang di Pertamina

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Narulita Lestari Febyanti (jilbab hijau) bersama rekan-rekan saat magang di Pertamina. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Magang bukan hal yang asing ditelinga para mahasiswa. Kegiatan itu menjadi pilihan para mahasiswa untuk mengisi liburan. Selain memperoleh SKS, magang juga memberikan banyak pengalaman yang tidak diperoleh mahasiswa di bangku kuliah.

Hal itu yang dirasakan oleh  Narulita Lestari Febyanti dan Intan Kharisma Putri mahasiswa Akuntansi UNAIR Banyuwangi. Untuk mengisi libur semester, keduanya memilih PT. Pertamina Hulu Energi yang berada di Jakarta sebagai tempat praktik kerja atau magang. 

Mahasiswa yang kerap disapa Lita tersebut mengatakan jika magang di PT. Pertamina cukup menantang. Pasalnya, mereka belajar mengenai akuntansi dibidang perminyakan yang belum diperoleh di kampus. Lanjutnya, ia mengatakan jika dengan mengikuti magang, ia tidak hanya belajar mengenai keuangan perusahaan tersebut, melainkan juga dapat merasakan iklim perkantoran yang melatih kedisiplinan.

“Disini kita dilatih untuk disiplin, berangkat kekantor seperti halnya pegawai lain yakni jam tujuh pagi dan pulang jam empat sore,” ungkap Lita

Kegiatan magang berlangsung selama satu bulan dari tanggal 2 Januari sampai 31 Januari 2020. Dimana pada hari pertama ia mendapatkan pembekalan (mentoring) yang berisi panduan peserta praktek kerja, magang, dan TA (tugas akhir). Selama praktik kerja, ia ditempatkan di bagian asset material dan AP & GA.

“Saya ditempatkan di asset selama dua minggu dan AP&GA selama dua minggu. Dibagian ini saya bisa belajar mengenai macam-macam asset, penomoran sinas migas, KKS, administrasi invoice, parking,penginputan data ke SAP, dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada hari terakhir, ia dan rekannya harus mempresentasikan hasil yang diperoleh selama kerja praktik di PT Pertamnina selama satu bulan itu.

“Ini akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi saya karena disana saya berkenalan dengan orang-orang baru dari berbagai universitas di Indonesia,” tutur Lita. “Saya harap teman-teman lainnya yang ingin mengisi liburan dengan kerja praktik di PT.Pertamina jangan menjadikan ketakutanmu sebagai penghalang untuk memperoleh pengalaman,” pungkasnya. (*)

Penulis: Dewi Masluqiyah

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu