Akomodir Kreatifitas Mahasiswa, U-Diserve Jadi Program Kerja Baru BEM FISIP

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SERAH terima jabatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga bertempat di Aula Soetandyo Gedung C FISIP pada Senin (03/02/2020). (Foto: Rissa AYu F)

UNAIR NEWS – Memasuki periode kepengurusan 2020 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga lakukan serah terima jabatan pada Senin (03/02/2020) bertempat di Aula Soetandyo Gedung C FISIP.

Proses serah terima jabatan tersebut dihadiri oleh jajaran petinggi FISIP yakni Dr. Tuti Budirahayu, Dra., M.Si., selaku Wakil Dekan II dan Dra. Myrtati Dyah Artaria, M.Si., P.hD., selaku Wakil Dekan III. Selain itu hadir pula Achmad Rizqi Ruvantama selaku Wakil Presiden BEM FISIP 2019, Ridha Nur Fitriani Ketua BLM FISIP 2019, Rusalle Ketua BLM FISIP 2020, Manuel Agri Laksana Pesiden BEM FISIP 2020, dan Elni Nainggolan Wakil Presiden BEM FISIP 2020.

“Kami menyebut kepengurusan pada tahun ini dengan Kabinet Berani, bukan bermaksud membawa tagline kampanye namun ‘Berani’ di sini memiliki arti berubah dan berinovasi. Kami berharap BEM FISIP kedepan dapat lebih berani untuk melakukan perubahan besar bagi FISIP,” ujar Manuel Agri Laksana.

Agri panggilan akrabnya mengatakan FISIP kedepan harus menjadi patron gerakan baik secara lokal, regional, maupun nasional. Ia menyebutkan BEM FISIP pada tahun ini memiliki visi utama yakni memanifestasikan FISIP sebagai laboratorium pembelajaran mahasiswa.

“Kami memiliki beberapa proker unggulan yakni FISIP Plural, U-Deserve, Prabangkara, Gertak Mafia, Canda Cakrawala, S3E, FISIP Guyub, dan FISIPTESI. Hampir keseluruhan proker kami ini merupakan ide-ide baru  untuk kemajuan FISIP, kami juga membawa beberapa proker lama yang menurut kami baik untuk diteruskan namun dengan kemasan yang baru,” tutur Presiden BEM FISIP terpilih tersebut.

Salah satu proker unggulan FISIP Plural patut menjadi sorotan karena mengusung tentang mengembangkan nalar positif mahasiswa terkait kesetaraan gender, keberagaman kebudayaan, suku, agama dan ras, yang mana merupakan isu-isu krusial di Indonesia.

“Kami berharap dapat merangkul seluruh sivitas akademika FISIP untuk turut andil dalam setiap proker yang kami akan jalankan nanti, tak lupa kami pun berharap mendapatkan kritik dan juga saran mengenai kinerja dan program kami,” tambahnya.

U-Diserve menjadi program kerja sangat baru di FISIP yang akan mengakomodir kreatifitas mahasiwa melalui platform sosial media yang dimiliki BEM FISIP. Selain itu program itu juga akan melibatkan pelaku UMKM di sekitar Universitas Airlangga Kampus B sehingga dapat memberikan dampak secara langsung bagi masyarakat.

“U-Diserve ini nanti mekanismenya teman-teman mahasiswa FISIP diperbolehkan untuk mengirim beberapa karyanya kepada kami. Bentuk karyanya bisa bermacam-macam seperti menunjukkan kebolehan bakatnya dalam bidang seni atau pun pembahasan kritis mengenai isu-isu terkini,” ujar mahasiswa angkatan 2017 tersebut.

Agri mengatakan beberapa aspek harus dibenahi di FISIP utamanya pengembangan nalar kritis mahasiswa dan kepekaan terhadap perubahan zaman yang terjadi. Ia pun merasa bersyukur dipercaya menjadi penerus tonggak kepemimpinan di FISIP.

“Puji Tuhan, saya merasa sangat lega, tetapi saya yakin kemenangan ini bukan hanya milik saya sendiri namun ini kemenangan mahasiswa FISIP. Sedangkan saya hanya dipercaya sebagai nahkodanya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rissa Ayu F

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu