Dua Wirausahawan Muda Berbagi Cerita Kepada Mahasiswa UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
RONY Helmy (paling kanan) dan Ali Sangadji (dua dari kanan) saat mengisi talkshow Young Entrepeneur ISDP UNAIR di Aula Garuda Mukti lt. 5 Kampus C UNAIR (4/2/2020). (Foto: M. Alif Fauzan)

UNAIR NEWS – Indonesia saat ini dipandang memiliki peluang untuk menciptakan wirausaha muda. Dua dari beberapa wirausaha muda di Indonesia yakni Ali Sangadji dan Rony Helmy menjadi pengusaha start-up yang sudah sukses di bidangnya.

Ali Sangadji sebagai Co-Founder Jojonomic dan Rony Helmy CMO Hubb. Asia memberikan materi soal memulai usaha yang mudah serta dapat konsisten di masyarakat. Pada Selasa (4/2/2020) keduanya datang ke Universitas Airlangga memberikan motivasi kepada para mahasiswa UNAIR untuk memulai sebuah usaha.

Ali Sangadji yang memulai mendirikan Jojonomic pada 2015 mengaku mendapat sebuah tantangan setelah bekerja di Microsoft. Ia keluar dari  zona nyamannya karena ingin memberikan dampak yang signifikan untuk masyarakat. “Awal merintis start-up ini saya belum mendapatkan peghasilan namun saya tetap berjuang,” ungkapnya.

Ia memberikan pesan kepada para mahasiswa untuk tetap memulai usaha apapun dengan manajemen risiko. Dengan adanya manajemen pada sebuah usaha, tantangan yang akan dihadapi seorang wirausaha akan lebih terorganisir.

Ali mengungkapkan, wirausaha muda yang ada di Indonesia saat ini sudah memiliki peran memudahkan masyarakat dalam berbagai bidang. Terutama lapangan pekerjaan yang mampu mengurangi pengangguran secara perlahan.

Sementara itu, Rony Helmy memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk memulai usaha dengan hati. Hal itu ia ungkapkan berdasarkan pengalamannya yang memulai beberapa usaha berawal dari keingininan yang kuat.

“Awal yang bagus untuk memulai sebuah usaha adalah dari hati yang kuat untuk apa usaha kita kembangkan,” katanya.

Rony yang juga memiliki usaha retail departemen store juga menekankan kerendahan hati untuk selalu berpasrah diri kepada Allah SWT. Nilai agama perlu diterapkan agar usaha yang dikembangkan oleh para wirausaha selalu diridhoi.

Ia juga memberikan motivasi para mahasiswa untuk tidak selalu menumpuk banyak ide di kepala. Ia menekankan para mahasiswa untuk melakukan tindakan secara perlahan demi kemudahan usaha.

Dalam acara talkshow bertajuk Young Entrepeneurs ISDP UNAIR bersama Bank Mandiri Syariah itu juga mendatangkan mahasiswa yang pernah didanai oleh ISDP UNAIR. Bertempat di Aula Garuda Mukti Lt. 5 Rektorat UNAIR, tiga mahasiswa yang pernah didanai ISDP UNAIR antara lain Bintang Wijaya, Koes Hendra, dan Ifandy A.W. Mereka dalam kesempatan tersebut juga memberikan materi motivasi dan pengalaman dalam berwirausaha. (*)

Penulis: Aditya Novrian

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu