Peringati HGN ke-60, Prodi Ilmu Gizi UNAIR Berikan Edukasi Pentingnya Gizi Optimal Pada Milenial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA Mahasiswa Ilmu Gizi UNAIR saat mengadakan edukasi kepada siswa SMA Al Muslim mengenai pentingnya gizi optimal pada Rabu (29/1/2019). (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS –  Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke- 60, Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM UNAIR) mengadakan acara sosialisasi gizi seimbang pada Rabu (29/1/2019). Kegiatan itu dilaksanakan di SMA Al Muslim Sidoarjo dan diikuti oleh siswa SMA kelas 10 hingga 11.

Dr. Annis Catur Adi Ir., M.Si., Kepala Departemen Ilmu Gizi UNAIR menjelaskan latar belakang diadakannya acara tersebut. Menurutnya, Hari Gizi merupakan salah satu hari bersejarah bagi perkembangan kegizian di Indonesia.

“Oleh karena itu sebagai pengingat, kita merayakannya dengan mengemasnya dalam acara ini,” tuturnya.

Topik yang dambil pada tahun ini, lanjutnya, sengaja lebih difokuskan kepada era zaman “now”.  Fokus sasaran yang diambil adalah kaum milenial karena merupakan kelompok usia yang kuantitasnya cukup besar, dan ke depannya juga akan semakin besar.

“Kaum milenial merupakan sasaran yang strategis untuk meningkatkan kualitas generasi mendatang sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi generasi-generasi yang unggul,” ungkapnya.

Banyak hal menarik yang ada pada pelaksanaan Peringatan HGN kali ini. Salah satunya adalah berkenaan dengan tema yang diusung, yaitu Gizi Optimal Untuk Generasi Millenial. Tema tersebut lebih diarahkan ke arah kekinian yang sifatnya lebih ke ranah preventif atau pencegahan.

“(Tindakan preventif, red) inilah yang perlu didorong sebagai bentuk upaya pencegahan sejak dini, sehingga gejala-gejala penyakit bisa dikurangi, ditekan, bahkan dihilangkan,” jelasnya.

Dr. Anis berharap masyarakat nantinya bisa lebih cerdas dan bijak dalam memilih dan memilah makanan. Salah satunya adalah dengan menerapkan langkah-langkah preventif untuk memperoleh kesehatan yang optimal sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan prestasi.

“Dengan adanya HGN ke-60 ini, saya berharap kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat dalam memilih dan memilah makanan dengan bijak,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa pada Peringatan HGN ke-60 tersebut, salah satu Dosen Gizi UNAIR, Mahmud Aditya Rifqi  S.Gz., M.Si hadir memberikan sosialisasi untuk milenial. Selain itu, panitia juga menyediakan Stand Konsultasi Gizi, Stand Pengukuran Hemoglobin (Hb), Stand Cooking Demo, dan Stand Game Gizi untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai gizi seimbang.

Pada akhir, Mahmudah S.Ag., M. Pd, Kepala SMA Al Muslim menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan UNAIR kepada SMA Al Muslim. Menurutnya, konsep-konsep dalam acara tersebut sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan siswa SMA.

“Kami merasa kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena wawasan tentang gizi itu sangat penting bagi anak-anak,” tutupnya.(*)

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu