Kisah Lana Faiqoh Jadi Salah Satu Volunteer Education Social Program di Kuala Lumpur, Malaysia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
LANA Faiqoh Zahiroh saat menjadi salah satu volunteer Education Social Program selama empat hari di Kuala Lumpur Malaysia. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Lana Faiqoh Zahiroh Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR) menjadi salah satu volunteer Education Social Program selama empat hari di Kuala Lumpur Malaysia.  

“Proses pendaftaranya pertama aku ngisi persyaratan administrasi, CV, dan motivasi kenapa ingin jadi salah satu volunteer program tersebut. Nggak cuma itu aku juga harus menjelaskan apa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Alhamdulillah aku terpilih menjadi 100 terbaik dari 450 pendaftar,” tutur Lana sapaan akrabnya.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Indonesian Young Leaders Expedition yang (IYLE) merupakan organisasi sebagai wadah mahasiswa untuk memupuk jiwa kepemimpinan melalui kegiatan ekspedisi dan eksplorasi bersekala internasional.

“Kita juga bikin beberapa proyek yang bakal diaplikasikan di tempat kita jadi volunteer nanti, kalo aku fokus ke dunia pendidikan, jadi proyek yang aku ajukan juga seputar mengajar. Selain itu aku senang bisa iku volunteer ke negara lain karena bisa liat perbedaan kultur dari Indonesia,” tambahnya.

Lana mengatakan perbedaan sangat menyolok terdapat pada pendidikan, Malaysia yang merupakan negara tetangga Indonesia telah berkembang begitu pesat dalam hal pendidikan dibanding negara kita sendiri. Segi fasilitas dan transportasi umum pun nampak terstruktur dan rapi. Baginya itu adalah pengalaman yang sangat berharga karena bisa belajar dari negara lain.

“Saya merasa belajar banyak hal ketika berada di sini, bahkan hal sesederhana lingkungan dan kebersihan mereka. Selain itu saya sangat senang bisa mengajar anak-anak yang berada di lingkup lain selain di Indonesia,” ujar mahasiswa Sosiologi tersebut.

Salah satu agenda dari Education Social Program yang diselenggarakan di Universitas Kebangsaan Malaysia yang merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia membuat ia merasa bersyukur menjadi salah satu volunteer.

“Kegiatan yang paling berkesan menurut saya ketika mengunjungi Rohingya School, melihat anak-anak yang begitu ceria menikmati masa bermain dan belajarnya. Lewat kegiatan ini saya banyak mengenal orang-orang yang hebat dan luar biasa,” tambahnya.

Lana mengatakan ini adalah kali pertamanya mengikuti kegiatan volunteer di luar negeri sehingga membuatnya banyak belajar dan bertemu dengan rekan-rekan yang telah beberapa kali mengikuti acara serupa. Ia merasa senang dan berharap semoga kedepan ia akan mengikuti lebih banyak kegiatan di luar negeri. Program itu diselenggarakan pada Rabu (15/01) hingga Sabtu (18/01). (*)

Penulis: Rissa Ayu F

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu