Arini, Perwakilan UNAIR Banyuwangi di Live In Jawa Timur 2020

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi foto bersama peserta Live In di Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Live In merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) daerah Jawa Timur. Kegiatan yang diusung oleh divisi Pengabdian Masyarakat itu mengambil tema “We Care, We Share”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember pada tanggal  25-26 Januari 2020.

Salah satu perwakilan PSDKU UNAIR di Banyuwangi, Arini Banowati Azalia Adnin mengaku senang setelah mengikuti kegiatan Live In ini. Pasalnya, dalam kegiatan tersebut ia dapat bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai daerah di Jawa Timur dan mengetahui karakteristik masyarakat di Desa Panduman.

“Pertama senang banget karena kita ketemu teman-teman baru lagi. Selain itu, jadi mengatahui bagaimana karakteristik masyarakatdisana.Ternyata, masyarakat di Desa Panduman baik banget, ramah, dan mau membantu teman-teman panitia dan volunteer dari kegiatan Live In. Selain itu juga, masyarakat disana terlihat antusias dengan adanya kegiatan ini. Pokoknya senang banget bisa jadi salah satu bagian di Live In 2020,” ungkap Arini, sapaan akrabnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini terdiri dari berbagai macam kegiatan, diantaranya, bakti sosial, cek kesehatan dan penyuluhan mengenai stunting dan gerakan masyarakat sehat. Selain itu juga, terdapat kegiatan senam bersama masyarakat Desa Panduman. Uniknya lagi, kegiatan penyuluhan stunting dilakukan secara door to door  di lingkungan desa tersebut.

“Kegiatan Live in diadakan selama dua hari. Hari pertama, diawali dengan pembukaan. Setelah itu,  penyuluhan stunting ke rumah warga di Desa Panduman dengan dibagi kelompok. Pada hari kedua,kami mengadakan kegiatan senam bersama masyarakat, cek kesehatan, bakti sosial, dan tak lupa pula terdapat penyuluhan mengenai gerakan masyarakat sehat,” sambung Arini.

Menurut Arini, tujuan kegiatan dari Live In Jawa Timur ini adalah merekatkan tali silaturahmi antara mahasiswa kesehatan masyarakat daerah Jawa Timur. Selain itu juga, dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat agar masyarakat dapat menurunkan angka stunting dan dapat berperilaku hidup sehat.

“Tujuan dari kegiatan Live In Jatim ini, mengumpulkan mahasiswa – mahasiswa kesehatan masyarakat yang ada di daerah Jawa Timur, untuk melakukan pengabdian masyarakat yang berada di Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember. Jadi mahasiswa kesehatan masyarakat ini bisa memberikan sedikit ilmunya kepada masyarakat mengenai stunting dan gerakan masyarakat sehat,” ucap Arini.

Arini berharap, dari kegiatan penyuluhan itu masyarakat menjadi lebih mengetahui tentang stunting dan gerakan masyarakat sehat. Selain itu pula, kegiatan bakti sosial yang dilakukan di Desa Panduman dapat bermanfaat untuk masyarakat desa tersebut.

“Harapannya, semoga ilmu yang telah kami berikan dan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat Desa Panduman dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.Dengan seperti itu, pahala kami dapat mengalir terus menerus. Selain itu juga, semoga bisa menurunkan angka stunting yang terdapat di desa tersebut,” tutup Arini.

Penulis: Nadiyah Rahmasari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu