Wakili Sumatera Barat, Mahasiswi FKM Lolos Seleksi PON Papua 2020 di Cabang Olahraga Basket

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
INDAH Helmadi (tiga dari kiri) yang lolos cabang basket mewakili Sumatera Barat pada PON Papua 2020. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Indah Helmadi atau yang biasa dipanggil Indah merupakan salah satu mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) angkatan 2017. Dia telah mengukir banyak prestasi khususnya di bidang olahraga basket. Tahun ini, ia kembali menorehkan prestasi di bidang olahraga tersebut.

Indah menyebutkan bahwa ia bersama timnya lolos seleksi PON (Pekan Olahraga Nasional) Papua 2020 dan akan mewakili Sumatera Barat untuk berlaga di cabang olahraga basket 3 x 3. Sebelum dipilih untuk berlaga di PON Papua 2020, terdapat beberapa tahap seleksi pra-PON yang dilaksanakan di Jakarta.

“Sebelumnya ada pra-PON yang dilaksanakan di Jakarta, pra-PON tersebut digunakan untuk menentukan tim mana yang akan bermain di PON Papua. Untuk dapat berlaga dalam PON itu maka dilakukan seleksi beberapa tahap,” ucapnya ketika diwawancarai tim UNAIR NEWS pada Jumat (24/01/20).

PON itu sendiri merupakan pekan olahraga nasional yang diadakan setiap empat tahun sekali. Dalam PON tersebut banyak cabang olahraga yang dilombakan salah satunya adalah basket. Tahun ini, yang terbaru adalah cabang basket 3 x 3.

Meskipun jauh dari daerah asalnya di Sumatera Barat, Indah mengungkapkan bahwa ia telah melakukan persiapan untuk menghadapi laga dalam PON Papua 2020 itu. Selain berlatih di kampus, ia juga menambah latihan fisik sendiri dan tambahan latihan dari pelatih. Dia mengungkapkan mungkin akan ada latihan khusus untuk kedepannya.

“Selain latihan di kampus, saya berlatih fisik sendiri dan ditambah latihan conditioning oleh pelatih. Mungkin akan ada latihan khusus lebih lanjut,” tambahnya.

Kemudian, Indah menuturkan bahwa ia telah menggeluti dunia basket sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Hingga saat ini banyak prestasi yang dapat ia banggakan, salah satunya adalah kesempatan untuk berlaga di PON Papua 2020. Tidak hanya itu, saat ia duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) Indah juga pernah terpilih DBL All Star.

Sebagai penutup, Indah berharap agar ia bisa mendapatkan medali di PON Papua 2020 nanti. Sehingga ia dapat membanggakan orang-orang disekitarnya maupun membanggakan daerah asalnya.

“Harapannya bisa mendapat medali, terutama medali emas dan membuat bangga orang-orang sekitar juga daerah saya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu