Mahasiswa PKL Lakukan Upaya Selamatkan Baduta dari Asap Rokok

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan demo masak di Balai Desa Pilangsari. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Temukan permasalahan rokok di Desa Pilangsari, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UNAIR) lakukan intervensi untuk menyelamatkan bayi usia 0 sampai 2 tahun dari asap rokok. Salah satu kegiatan yang dilakukan antara lain sosialisasi terkait 3M+ dan bahaya rokok dilaksanakan di balai desa setempat.

“Tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk menurunkan angka stunting yang salah satu faktor penyebabnya adalah akibat dari paparan asap rokok,” jelas Nia Tri Wulandari, mahasiswa yang akrab disapa Nia, Rabu (22/1/2020).

Selain melakukan sosialisasi, mahasiswa juga melakukan kegiatan demo masak pengganti makanan atau minuman untuk berhenti merokok; dan Sharing is Caring. Beberapa makanan dan minuman yang dipraktikkan adalah Wedang Ehe, Comel, dan MP-ASI.

Nia berharap seluruh kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan ibu terkait dengan kesehatan baduta. Selain itu, ibu-ibu peserta demo masak juga begitu antusias selama mengikuti kegiatan.

“Semoga materi demo masak dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di rumah,” pungkasnya. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu