Ratusan Dokter Muda FK UNAIR Ikuti Pradik di RSUA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ratusan Dokter Muda FK UNAIR mengikuti Pra Pendidikan (Pradik) di RS UNAIR pada Jumat (24/01/2020). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Setelah menempuh sarjana kedokteran selama empat tahun, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga akan menempuh pendidikan profesi selama dua tahun. Selanjutnya, mereka nantinya dapat disebut dokter muda (DM). Para dokter muda tersebut akan meneruskan profesinya ke rumah sakit, salah satunya adalah Rumah Sakit UNAIR.

Kali ini sebanyak 200 dokter muda dari FK UNAIR disambut Direktur RSUA Prof. Dr. Nasronudin dr., Sp.PD-KPTI., FINASIM. Acara digelar di Hall Dharmawangsa Lt.8 RS UNAIR pada Jumat (24/01/2020).

Saat ini RS UNAIR tak hanya melayani pelayanan kesehatan pasien, namun juga terdapat pelayanan berunsurkan pendidikan, salah satunya adalah Pradik. Bagi mahasiswa kedokteran maupun non kedokteran seperti kedokteran gigi, farmasi, dan keperawatan, untuk bisa menempuh pendidikan profesi di RS UNAIR.

Ketua Tim KORDIK RSUA (Koordinasi Pendidikan) Arief Bakhtiar, dr., Sp.P(K), FAPSR mengungkapkan tujuan Pradik adalah untuk mengenalkan tata aturan, kebijakan penelitian, dan mekanisme di rumah sakit UNAIR.

“Hal itu perlu diketahui karena peraturan dan kebijakan tiap rumah sakit itu berbeda-beda,” ujar dr. Arief.

Setiap ada sekelompok mahasiswa yang ingin magang di RS UNAIR diwajibkan untuk mengikuti Pradik. Pradik sendiri merupakan sebuah proses awal sebelum masuk ke rumah sakit untuk mahasiswa yang menempuh profesi pendidikan.

Ratusan Dokter Muda FK UNAIR mengikuti Pra Pendidikan (Pradik) di RS UNAIR pada Jumat (24/01/2020). (Dok. Pribadi)

Untuk DM FK UNAIR, mereka mengikuti Pradik di dua tempat, yakni di RS UNAIR dan RS Dr. Soetomo. Pradik di RS UNAIR merupakan bagian dari rangkaian Pradik di RS Dr. Soetomo. Setelah mengikuti Pradik di RS UNAIR, para dokter muda tersebut akan melanjutkan Pradik di RS Dr. Soetomo.

“Dikarenakan mahasiswa FK UNAIR selain masuk di RS UNAIR, juga akan masuk di RS Dr. Soetomo, Pradik mereka dijadikan satu waktu,” tuturnya.

Selain itu, tujuan utama Pradik ini agar dokter muda di RS UNAIR paham akan pentingnya License Safety atau keselamatan dan keamanan pasien. Harapannya agar dokter muda bisa menangani pasien di rumah sakit dengan baik.

“Tujuan utamanya License Safety, keselamatan pasien, keamanan untuk pasien, jangan sampai mereka (dokter muda, Red) memperlakukan tindakan ‘seenaknya’ kepada pasien di RS UNAIR,” tandasnya. (*)

Penulis  : Dimar Herfano

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu