Mahasiswa FKM Sebar Kartu pada Warga Desa Donan untuk Cegah Hipertensi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pembagian Kalender Marisa dan Kartu Hipertensi pada warga. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa FKM UNAIR ikut bantu mencegah hipertensi di Desa Donan dengan program DESI (Deteksi Dini Hipertensi). Program dilakukan selama satu minggu. Dimulai pada Jum’at (17/1/2020) hingga Kamis (23/1/2020) di Desa Donan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro.

“Program DESI dilakukan karena masih banyak warga yang tidak mengetahui bahwa mereka mengalami hipertensi,” jelas Dewa Ayu Dewi P. S atau yang akrab disapa Dewa Ayu.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan pada program tersebut. Di antaranya adalah Cek Tekanan Darah, Pembagian Kartu Hipertensi, dan Pembagian Kalender Marisa atau Mari Cegah Hipertensi Bersama.

“Kartu hipertensi dilakukan dengan bekerja sama dengan perawat dan bidan desa, serta dibagikan pada warga yang menderita hipertensi,” lanjutnya.

Tujuan diadakannya pembagian kartu hipertensi adalah untuk monitoring tekanan darah penderita dari waktu ke waktu. Sehingga, harapannya penderita menjadi lebih peduli terhadap pola hidup mereka agar dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat menjadi normal.

Sementara itu, kalender marisa dibagikan sebagai media edukasi terkait hipertensi. Kalender tidak hanya dibagikan pada warga yang menderita hipertensi namun juga pada warga yang tekanan darahnya normal untuk mencegah mereka dari hipertensi. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu