Mahasiswa FKM Bantu Rintis Posyandu Remaja di Desa Donan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Innaha Ilma Wardaya ketika memandu pembentukan pengurus posyandu remaja di Balai Desa Donan pada Kamis (24/1/2020). (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Selain melaksanakan program kerja, mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) juga turut membantu bidang desa untuk merintis posyandu remaja di Desa Donan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (24/1/2020) di Balai Desa setempat.

Kegiatan diawali dengan pengukuran lingkar lengan atas, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan kepada seluruh peserta posyandu remaja oleh mahasiswa. Selain itu, juga dilakukan pengecekan tekanan darah dan pemberian tablet tambah darah.

“Posyandu remaja ini merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan remaja,” ucap Yanti, bidang desa setempat.

Terdapat beberapa materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut. Di antaranya adalah kesehatan reproduksi remaja; NAPZA tau Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya; dan infeksi menular saluran seksual.

Selepas penyampaian materi, Innaha Ilma Wardaya selaku perwakilan dari mahasiswa memandu peserta untuk menetapkan susunan pengurus posyandu remaja. Yaitu ketua, wakil ketua, dua sekretaris, dan dua bendahara.

“Ke depannya, posyandu remaja akan dilaksanakan selama satu kali setiap tiga bulan,” pungkas Yanti.

Tidak lupa, Yanti juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa PKL karena telah membantu menyelenggarakan posyandu remaja di Desa Donan untuk pertama kalinya. Dengan terbentuknya pengurus posyandu remaja, Yanti berharap kegiatan dapat terus dilakukan. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu