Kesehatan Jaringan Periodontal Pengaruhi Janin dan Kehamilan Ibu

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tim Pengmas bersama peserta usai acara. (Foto: Istimewa)

Kehamilan merupakan salah satu momen yang dinanti oleh sebagian besar pasangan terutama bagi seorang wanita yang baru pertama kali merasakan fase kehamilan. Selama proses kehamilan banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan baik secara fisik maupun mental, termasuk memperhatikan kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Namun banyak Ibu hamil yang meremehkan pentingnya perawatan gigi dan mulut selama kehamilan. Padahal perawatan gigi dan mulut selama kehamilan sangatlah penting, karena bila hal tersebut dianggap remeh dapat membahayakan kesehatan Ibu dan janin. 

Begitu pentingnya kesehatan jaringan periodontal terkait kehamilan dan janin yang dikandung, tim pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga mengadakan pemeriksaan serta penyuluhan dengan tema “Wanita, Kehamilan & Kesehatan Jaringan Periodontal” kepada ibu Bhayangkari serta Ibu hamil yang berobat di RS. Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong Sidoarjo. Tim diketuai oleh Dr. Shafira Kurnia Supandi, drg., Sp.Perio(K) dengan anggota Lambang Bargowo, drg., M.Kes., Sp.Perio(K) dan I Komang Evan W., drg., Sp.Perio.

Dr. Shafira Kurnia Supandi, drg., Sp.Perio(K) mengungkapkan masih tingginya penderita penyakit periodontal di masyarakat termasuk pada ibu hamil, maka perlu untuk mendapat pembinaan melalui peningkalan pengetahuan mengenai cara – cara memelihara kesehatan gigi secara intensif dengan harapan dapat menurunkan terjadinya bayi  dengan  Berat  Badan  lahir Rendah  sebagai  akibat  adanya  kelainan periodontal pada ibu selama masa kehamilan. Ibu Bhayangkari dan Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas di Pusdik Bhayangkara Porong menjadi mitra selain bermanfaat bagi dirinya juga akan mampu menyebarkan informasi yang diedukasikan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengayom masyarakat. Dengan demikian diharapkan hasil dari pengabdian masyarakat yang dilakukan bisa berdampak lebih luas. Penting bagi ibu hamil untuk mewaspadai tanda awal penyakit periodontal seperti adanya perdarahan saat menyikat gigi, gusi yang meradang ataupun bau mulut. Ibu hamil disarankan untuk dapat melakukan kontrol gigi selama masa kehamilan. Waktu terbaik untuk mendapatkan perawatan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil adalah pada trimester kedua kehamilan.

Kepala RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong AKBP Ignatius Hendra A., drg., Sp.KG, turut hadir menyaksikan acara pengabdian masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga. Sebagai seorang dokter gigi dan juga alumni Universitas Airlangga, drg Hendra sangat memahami bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat penting bagi kesehatan menyeluruh, dan kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Kedepan kegiatan kerjasama seperti ini diharapkan dapat secara berkelanjutan dilaksanakan.

Penulis: Komang Evan Wijaksana I

Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga mengadakan pemeriksaan serta penyuluhan dengan tema “Wanita, Kehamilan & Kesehatan Jaringan Periodontal” kepada ibu Bhayangkari serta Ibu hamil yang berobat di RS. Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong Sidoarjo. Tim diketuai oleh Dr. Shafira Kurnia Supandi, drg., Sp.Perio(K) dengan anggota Lambang Bargowo, drg., M.Kes., Sp.Perio(K) dan I Komang Evan W., drg., Sp.Perio.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu