Tingkatkan Minat Literasi di Lombok Timur Lewat Bale Baca Airlangga dan Galeri Sembalun

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Potret Bale Baca Airlangga dan Galeri Sembalun yang berhasil dibangun oleh tim KKN BV 61 UNAIR Sembalun Bumbung. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Sabtu (18/1/20) tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village (BV) 61 Universitas Airlangga (UNAIR) yang bertempat di Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah meresmikan sebuah ruang kosong yang sekarang berhasil diubahnya menjadi tempat berkumpul dan gudangnya wawasan. Diberi nama Bale Airlangga dan Galeri Sembalun, tempat tersebut dibangun untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat serta tempat mengenal sejarah dan potensi Desa Sembalun.

Tim KKN melihat kemampuan baca anak yang masih rendah, sedangkan minat bacanya cukup baik. Mereka kemudian berupaya memfasilitasi sebuah tempat yang dapat digunakan untuk menambah wawasan dan meningkatkan semangat dalam membaca. Tak hanya itu, tempat tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul anak-anak atau warga, rapat, belajar, atau hanya sekedar berdiskusi.

Najla Tiara, salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam tim KKN, menjelaskan bahwa Bale Baca Airlangga dan Galeri Sembalun merupakan program kerja utama di antara beberapa program lainnya. Melibatkan tim KKN beserta warga setempat dalam satu minggu pembangunan, program luar biasa itu mendapatkan respon yang sangat baik dari warganya.

“Respon masyarakat dengan hadirnya bale baca tersebut sangat senang. Mereka mendukung dan juga membantu dalam proses pengerjaan bale baca tersebut,” terangnya.

Meski terkesan sedikit terlambat dalam proses pengerjaan dikarenakan bebarengan dengan pelaksanaan program lain yang juga tidak kalah pentingnya, tim KKN berhasil menyulap bekas posko sewaktu gempa lombok menjadi sebuah tempat yang sangat bermanfaat. Deretan foto dan buku yang tertata rapi, juga menambah estetika bangunan dengan sangat apik.

“Selama proses pengerjaan bale baca tersebut, Alhamdulilah lancar, namun sedikit terlambat pengerjaannya karena bebarengan dengan pelaksanaan program lainnya, sehingga harus membagi waktu,” ujarnya.

Tak hanya menyediakan tempat saja, tim KKN juga membantu dalam pembentukan kepengurusan yang bertujuan untuk menjaga bangunan, buku, dan minat baca masyarakat Desa Sembalun Bumbung. Tim KKN juga mengajak serta melibatkan pemuda dan kepala desa sebagai pengurus, agar keberlangsungan dari Bale Baca Airlangga dan Galeri Sembalun tetap terjaga. (*)

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah
Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu