Senam Anti Hipertensi Mahasiswa FKM UNAIR Menarik Minat Masyarakat Desa Donan, Bojonegoro

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Senam Anti Hipertensi (SENSI) bersama warga Desa Donan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan kegiatan SENSI (Senam Anti Hipertensi) pada Minggu (19/1/2020). Kegiatan dilakukan sebagai bagian dari solusi untuk mengurangi angka kejadian hipertensi di Desa Donan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro.

Selepas senam, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan terkait hipertensi. Tina Mei Wijayanti dan Yumna Nur Millati Hanifa menjadi perwakilan mahasiswa untuk menyampaikan materi tersebut. “Dikatakan hipertensi atau tekanan darah tinggi apabila tekanan darah di atas 140/90 mmHg,” jelas Yumna.

Menurutnya, tidak terdapat penyebab pasti terjadinya hipertensi. Namun, terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya seperti genetik, pola hidup, dan lain sebagainya.

“Pola hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan faktor risiko seseorang mengalami hipertensi. Seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, kopi, dan lain-lain,” lanjutnya.

Setidaknya terdapat tiga jenis senam yang dilakukan. Yaitu senam Perwosi Bojonegoro, Perwosari Jawa Timur, dan Gemufamire.

Senam diikuti oleh 80 peserta yang merupakan ibu-ibu warga Desa Donan. Selain itu, kegiatan juga bekerja sama dengan karang taruna daerah setempat. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu