Kenalkan UNAIR ke Berbagai Penjuru Negeri, USN Libatkan 32 Organisasi Mahasiswa Daerah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TIARA Astri N dan tim saat melakukan foto bersama siswa SMA usai sosialisasi UNAIR Sapa Negeri di daerah Sampang, Madura. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Forum Mahasiswa Daerah Universitas Airlangga (Forsida UNAIR) bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) dan Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR menyelenggarakan USN. UNAIR Sapa Negeri (USN) merupakan program kerja yang bertujuan untuk mengenalkan UNAIR kepada siswa SMA sederajat di seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya, USN turut melibatkan beberapa organisasi mahasiswa daerah (ormada) yang ada di UNAIR.

Muhammad Farid Zamzimmi selaku Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat Forsida UNAIR, menuturkan, tahapan-tahapan USN dimulai dengan pembekalan dari Dirmawa dan PPMB UNAIR. Setelah pembekalan, lanjutnya, teman-teman ormada akan kembali ke daerah masing-masing dan akan melakukan sosialisasi selama liburan semester ganjil.

“Sasaran acara ini adalah khusus untuk adik-adik kita yang akan memasuki jenjang perkuliahan, yaitu siswa kelas 12 SMA sederajat,” jelasnya.

Selain itu, nantinya teman-teman ormada akan memberikan gambaran bagaimana dunia perkuliahan secara umum. Harapannya, dengan demikian akan memberikan motivasi kepada para siswa SMA agar bisa terus melanjutkan studinya hingga ke jenjang perkuliahan.

“Kalau dihitung-hitung, USN ini diikuti sekitar 32 ormada yang tersebar di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Zamzimmi berharap sekolah-sekolah yang jauh dari kota besar bisa dikunjungi agar Program UNAIR Sapa Negeri itu bisa benar-benar terwujud. Harapannya dengan demikian UNAIR akan menyapa seluruh siswa SMA terbaik bangsa di seluruh penjuru negeri.

Lebih lanjut, Tiara Astri N selaku salah satu penanggung jawab USN di daerah Sampang Madura menceritakan sedikit pengalamannya saat melakukan sosialisasi USN. Menurutnya, selama mengikuti USN itu seru sekali dan banyak pengalaman serta cerita yang didapat.

“Capek pasti, tapi setelah melihat antusias adik-adik SMA, capek yang kami rasakan bisa terbayarkan,” jelas Tiara.

Mahasiswa yang tergabung dalam ormada Formara itu, mengaku lebih suka USN di daerah-daerah pelosok dibanding di daerah perkotaan. Hal itu dikarenakan adik-adik di daerah pelosok sangat antusias mendengarkan materi dan bisa menyambut kedatangan kami dengan sangat baik.

“Saya bisa merasakan cita-cita yang sangat mulia dari mereka (adik-adik SMA, red). Mereka ingin membanggakan kedua orang tuanya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu