Genap Delapan Tahun, Dentine FKG UNAIR Wadahi Siswa SMA di Indonesia untuk Lebih Siap Masuk Perguruan Tinggi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS –  Tepat didepan Gedung FKG UNAIR pada Minggu (19/1/2020) balon dan poster Dentine 2020 dilepas ke udara dan menjadi penanda atas resmi dibukanya Dentistry Intellectual Challenge  (Dentine) tahun ini. Program tersebut diselenggarakan setiap tahunnya oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) dan saat ini telah memasuki tahun kedelapan kegiatan itu dilaksanakan.

Selama delapan tahun Dentine hadir sebagai wadah bagi siswa di Indonesia untuk berkompetisi sekaligus menyiapkan diri memasuki Perguruan Tinggi, utamanya FKG. Tiap tahunnya, Dentine menjadi ajang idola yang paling ditunggu oleh puluhan ribu siswa SMA atau sederajat di Indonesia.

Wakil Dekan I FKG UNAIR, Prof. Dr. Anita Yuliati, drg., M.Kes, yang hadir dalam pembukaan Dentine 2020 menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas suksesnya acara tersebut tiap tahunnya. Menurutnya,  Dentine merupakan program kerja strategis yang mampu menginisiasi sedini mungkin siswa SMA atau sederajat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

“Kami setiap tahun senantiasa melakukan pengembangan acara dan perluasan jangkauan Dentine. Saat ini dari Indonesia barat hingga timur sudah ada perwakilan rayon Dentine yang tersebar. Antusiasme siswa yang membludak tiap tahunnya juga menjadi penyemangat kami untuk terus melaksanakan Dentine,” ungkap Prof. Anita.

Peserta Dentine Dari Berbagai SMA saat Pengarahan untuk babak penyisihan. (Foto: istimewa)

Babak penyisihan sekaligus pembukaan dilaksanakan pada Minggu (19/1), sedangkan semifinal, final, dan grandfinal rencananya akan digelar pada 25 dan 26 Januari mendatang di kampus FKG UNAIR. Selain olimpiade sains, juga terdapat kompetisi esai (Descom) dan kompetisi olahraga (D-Start) yang juga diperuntukkan bagi siswa SMA di Indonesia.

Sementara itu, menurut Ketua BEM FKG UNAIR Achmad Chasina Aula, tahun ini terdapat penambahan lomba yakni poster competition. Hal itu dipilih karena tak lain millenial saat ini sangat akrab dengan gawai dan banyak yang lihai dalam hal desain.

“Siswa milennial itu kami beri wadah untuk berlomba menunjukkan kreativitas mereka, hal itu akan menjadi pemicu semangat tersendiri. Dentine ini sebenarnya juga menjadi ajang pengenalan FKG ke seluruh siswa, karena kebanyakan yang mereka tau hanya FK saja,” ujarnya.

Lanjut Sina, ia mengaku sangat mengapresiasi semangat panitia Dentine 2020 yang merelakan waktu liburan untuk mempersiapkan dan melaksanakan Dentine. Ia berharap dengan terlaksananya Dentine tiap tahun dapat memberikan akses informasi dan persiapan bagi siswa SMA perihal FKG maupun dunia kampus.

Selain itu Dentine merupakan satu-satunya kompetisi di Indonesia yang mewadahi siswa dalam mempersiapkan diri untuk kuliah di FKG. Soal-soal pada olimpiade sains yang diberikan juga tak jauh beda dengan yang nantinya akan dipakai siswa SMA untuk UTBK.(*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).