ABC Fasilitasi Siswa Bojonegoro Ikuti Uji Coba SBMPTN 2020

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Panitia Tryout SBMPTN ABC selepas penutupan kegiatan di SMAN 2 Bojonegoro pada 19 Januari 2020. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Masih dalam serangkaian acara Muleh Omah Project (MOP) yang diselenggarakan oleh komunitas mahasiswa daerah asal Bojonegoro yakni Airlangga Bojonegoro Community (ABC). Kali ini, mereka menggelar uji coba (tryout) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilaksanakan pada Minggu (19/1/2020) bertempat di SMAN 2 Bojonegoro.

Sebanyak 659 peserta yang berasal dari pelajar SMA se-derajat bahkan alumni mengikuti tryout SBMPTN. Seta Ubara Yusa Pratama selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa antusiasme para peseta tryout sangat besar. Hal tersebut dibuktikan dengan membeludaknya peserta yang mengikuti tryout guna dapat mengukur kemampuan diri untuk menghadapi tes SBMPTN mendatang.

“Tahun ini Alhamdulillah, ABC dapat kembali menyelenggarakan event tahunan yakni tryout SBMPTN dan melihat antusiasme para peserta yang datang jauh-jauh dari desa untuk dapat ikut dalam acara ini sangatlah luar biasa,” ujar mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2019 tersebut.

Seta menjelaskan tryout SBMPTN ini terbagi ke dalam dua kategori, yakni kategori sains teknologi (sainstek) serta kategori sosial humaniora (soshum). Para siswa bebas untuk memilih program studi dan perguruan tinggi negeri (PTN) yang mereka inginkan. Selanjutnya, pada akhir acara diumumkan secara langsung nilai yang didapat setelah mengerjakan tryout.

Tak hanya terdapat uji coba SBMPTN saja, ABC juga turut memberikan motivasi pendidikan. Motivasi diberikan langsung oleh alumnus Fakultas Psikologi UNAIR. Selain itu ada juga expo fakultas yang ada di Universitas Airlangga.

“Di sini tidak hanya memberikan fasilitas tryout tetapi juga ada motivasi pendidikan jelang pelaksanaan SBMPTN agar para siswa selalu percaya diri dan membuktikan bahwa diri mereka bisa, dan juga ada expo yang juga dapat memperkenalkan fakultas-fakultas yang ada di UNAIR,” ujar Seta.

Selain itu, Seta menambahkan bahwa penyelenggaraan tryout SBMPTN ini merupakan bentuk pengabdian untuk daerah asal yakni Kabupaten Bojonegoro. Harapannya, seluruh kegiatan bermanfaat untuk para siswa-siswi SMA sederajat yang dapat menjadi jembatan bagi mereka menuju masa depan yang lebih baik.

“Untuk ke depan ABC akan terus berkontribusi untuk daerah terutama dalam bidang pendidikan. Sekaligus  memberikan motivasi kepada para adik-adik yang akan berjuang masuk di perguruan tinggi, dan bisa diterima di kampus impiannya,” tutupnya.

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu