FKM UNAIR Akan Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Gizi Terbesar se-Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
LOGO Olimpiade Gizi Scifi Neutron 2020 yang diadakan di FKM UNAIR. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Pada tahun 2020 ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) terpilih menjadi penyelenggara olimpiade gizi terbesar se-Indonesia. Olimpiade gizi tersebut merupakan Scifi Neutron (Scientific and Education for Nutrition Student). Scifi Neutron adalah olimpiade gizi tingkat nasional yang diadakan oleh Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi (ILMAGI).

Olimpiade gizi tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya, namun untuk tempat pelaksanaan ditentukan melalui kesepakatan bersama dan diskusi antara ILMAGI dengan universitas yang berada di bawah naungan ILMAGI. Ketika diwawancarai oleh tim UNAIR NEWS, Salsabila Meivitama Arsanti yang merupakan ketua pelaksana olimpiade mengatakan bahwa dalam olimpiade tersebut terdapat enam kategori lomba yaitu poster competition, literature review, dietetic contest, esai, LKTI, dan N2O. Final perlombaan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2020.

Lebih lanjut, Caca sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa semua lomba tersebut akan dilaksanakan di FKM UNAIR. Perlombaan dietetic competition itu sendiri akan dilaksanakan di laboratorium gizi yang terdiri atas laboratorium pengolahan, laboratorium penyajian dan laboratorium organoleptik. Selain perlombaan tersebut, ada juga National Nutrition Summit (NNS) yang akan dilaksanakan di Aula Kahuripan.

Mahasiswi gizi tersebut mengatakan bahwa olimpiade tahun ini mengusung tema Peran Tenaga Kesehatan dalam Strategi Pencegahan Diabetes Mellitus Melalui Healthy Lifestyle Era Milenial. Tema itu dipilih karena panitia penyelenggara ingin mengajak teman-teman mahasiswa untuk concern terhadap penyakit diabetes mellitus dan menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit tersebut.

“Kami (panitia penyelenggara, Red) memilih tema itu karena kami ingin memberikan dan mengajak teman-teman untuk concern terhadap diabetes mellitus sehingga dapat mencegahnya melalui gaya hidup sehat yang dengan mudah diterapkan di era milenial ini,” ucapnya pada Sabtu (11/01/20).

Kemudian, persiapan olimpiade telah dilakukan agar kegiatan dapat berjalan lancar. Panitia telah menyiapkan berbagai keperluan, sarana dan prasarana untuk menyambut olimpiade tersebut. Sebagai penutup, Caca berharap agar kegiatan olimpiade tersebut dapat berjalan lancar dan semoga dengan diadakannya Scifi Neutron untuk pertama kalinya di UNAIR akan membantu mengangkat nama almamater mahasiswa gizi.

“Harapannya semoga lomba ini (Scifi Neutron, Red) pelaksanaannya lancar dan semoga dengan diadakannya Scifi Neutron di UNAIR untuk pertama kalinya akan membantu mengangkat nama almamater gizi UNAIR,” tandasnya. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu