Isi Waktu Luang di Sela Kegiatan PKL, Mahasiswa FKM Beri Penyuluhan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa Kelompok PKL Desa Donan melakukan penyuluhan di Posyandu Balita (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) telah dilaksanakan selama 35 hari di Bojonegoro. Untuk mengisi waktu luang, kelompok PKL Desa Donan melakukan kegiatan penyuluhan pada Senin (3/1/2020).

Terdapat dua penyuluhan yang dilakukan pada hari tersebut. Pertama adalah penyuluhan terkait diabetes mellitus (DM) di Puskesmas Purwosari pada saat kegiatan prolanis. Kedua adalah penyuluhan terkait stunting di balai desa pada saat kegiatan posyandu balita.

Penyuluhan terkait DM dilakukan oleh enam mahasiswa. Yaitu Salsabila (Bella), Yumna Nur Millati Hanifa, Belinda Kirananingtyas, Salsabila (Bella), Tamaamah Habibah, Ayu Astiria Maya A, dan Tina Mei Wijayanti.

“Terdapat beberapa gejala umum penyakit DM. Di antaranya adalah banyak kencing, banyak minum, banyak makan, mengalami gangguan penglihatan, kesemutan, dan luka sulit sembuh,” jelas Bella.

Tidak hanya melakukan penyuluhan terkait DM, mahasiswa juga turut berpartisipasi sebagai instruktur senam, pengukuran tinggi badan, dan pengukuran lingkar perut.

Kemudian, penyuluhan terkait stunting dilakukan oleh delapan mahasiswa. Mereka antara lain Innaha Ilma Wardaya (Ilma), Adnan Shaubilhaq I. K, Annisa Aurelia, Hasnur Salsabila, Novi Lestari, Dewa Ayu Dewi P. S, Fransiska Pangesti A, dan Galuh Mega Kurnia.

“Stunting memiliki beberapa penyebab. Di antaranya adalah kurangnya pengetahuan ibu, kurangnya asupan gizi anak, terbatasnya layanan Ante Natal Care (ANC), dan kurangnya akses air bersih dan sanitasi,” jelas Ilma.

Sebelum melakukan penyuluhan, mahasiswa juga ikut membantu melakukan penimbangan berat badan bayi dan balita. Kemudian, melakukan pengukuran tinggi badan balita dan panjang badan bayi. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).