Tips Manfaatkan Liburan Ala Mahasiswa UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Unair News

UNAIR NEWS – Libur semester dalam dunia kampus, biasanya dijadikan waktu yang tepat untuk mudik oleh mahasiswa. Durasi libur yang relatif lama, menjadikan saat liburan adalah waktu yang pas untuk menghabiskan hari – hari dengan keluarga setelah lama diperantauan.

Akan tetapi, waktu libur yang begitu panjang, tidak mungkin hanya dihabiskan bersama keluarga. Pasti, dalam masa libur tersebut banyak waktu yang terbuang sia-sia. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, akan membawa nilai tambah yang menguntungkan. Lalu bagaimana tips memanfaatkan waktu liburan? Berikut UNAIR NEWS rangkum beberapa tips memanfaatkan liburan ala mahasiswa PSDKU.

Magang

Dalam masa libur semester baik ganjil maupun genap, biasanya mahasiswa PSDKU yang berasal dari empat program studi, memilih untuk mengisi waktu liburan dengan kegiatan magang. Magang ini bertujuan untuk menambah ilmu dan pengalaman, terutama tentang prospek kerja kedepan. Magang dapat menjadi point plus mahasiswa saat lulus nantinya, dimana mereka bukan hanya menjadi lulusan pencari kerja, tetapi lulusan dengan pengalaman kerja.

Penelitian sederhana dan penyusunan karya ilmiah

Waktu yang luang selama liburan, banyak dimanfaatkan oleh sebagian mahasiswa untuk melakukan penelitian sederhana dan penyusunan karya tulis ilmiah. Melalui penelitian dan penyusunan karya tulis ilmiah tersebut, mahasiswa dapat melatih dirinya untuk menulis, dan agar terbiasa saat menghadapi skripsi kelak. Selain berlatih, mahasiswa juga bisa berkesempatan untuk mengajukan hasil karya ilmiahnya pada LKTI, maupun nasional dan international conference.

Membangun dan memfokuskan diri pada usaha

Beberapa mahasiswa yang ada di PSDKU, telah memiliki usaha sendiri, ada yang dibidang food and beverages, fotografi, aquascape, industri kreatif dan juga peternakan. Maka, waktu libur yang cukup panjang tersebut, dimanfaatkan untuk membangun dan memfokuskan diri pada usaha yang dimiliki. Fokus para pengusaha muda tersebut, salah satunya adalah berupaya untuk meningkatkan performa usaha yang mereka miliki.

Mengikuti camp pengabdian masyarakat

Pengabian kepada masyarakat adalah salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang wajib untuk diamalkan. Bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap kegiatan – kegiatan pengabdian masyarakat, waktu libur yang panjang adalah saat yang tepat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Salah satu yang setiap tahun dilakukan adalah dengan mengikuti program camp pengabdian mahasiswa bidikmisi yang diselenggarakan oleh AUBMO.(*)

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu