KotakKadoku_Gresik, Ide Bisnis Mahasiswa UNAIR Banyuwangi yang Didananai PPKK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu produk KotakKadoku_Gresik yang dipelopori oleh Dewi Masluqiyah (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – PPKK atau Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan, berperan dalam membina mahasiswa dalam berwirausaha. Salah satu program andalan PPKK adalah PMW. PMW atau Program Mahasiswa Wirausaha merupakan salah satu program dari PPKK Unair yang bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru dikalangan mahasiswa Universitas Airlangga.

Salah satu produk usaha dari mahasiswa UNAIR Banyuwangi yang lolos didanai PPKK di tahun 2019 yaitu KotakKadoku_Gresik. Saat ditemui tim UNAIR NEWS pada Sabtu (4/1) lalu, Dewi Masluqiah selaku pemilik KotakKadoku_Gresik menyebutkan bahwa produknya merupakan gift box yang bisa di custom dalam pemesanannya.

“KotakKadoku_Gresik merupakan online shop yang memproduksi berbagai macam gift box, yang dapat di custom berdasarkan ukuran, warca cover, warna pita, dan kata-katanya,” jelas mahasiswi Akuntansi 2017 tersebut.

Mahasiswi yang kerap disapa Adel tersebut mengaku, bahwa dirinya terinspirasi untuk mengembangkan produk jenis itu karena ia merasa peluang pada bisnis gixt box tersebut masih cukup besar dan luas.

“Saya melihat peluang pasar yang besar dan luas, karena produsen gift box sendiri masih jarang di setiap daerah, sehingga menjadi peluang besar untuk dikembangkan,” ungkapnya.

Perbedaan antara gift box KotakKadoku_Gresik hasil produk dari mahasiswi UNAIR tersebut dengan produk lain, terletak pada sisi pemesanannya. Sebab, pemesanan gift box di KotakKadoku_Gresik dapat dipesan tanpa minimal pembelian, sehingga konsumen dapat memesan gift box custom dengan jumlah minimal 1 box.

Selain itu, Dela turut berterima kasih kepada pihak PPKK UNAIR, karena telah mempercayainya untuk mengelola bisnis tersebut. Sehingga, ia berharap mampu menambah jumlah produksi di 2020.

“Mumpung masih di awal tahun 2020, saya berharap kepada program PMW, semoga bisa lebih selektif lagi dalam penjaringan bisnis mahasiswa, agar tidak ada salah sasaran. Dan juga, di tahun 2020 ini, saya berkeinginan untuk menambah jumlah produksi lagi tentunya, dengan pembaharuan peralatan dan perlengkapan yang disupport oleh program PMW,” pungkasnya.

Produk gift box yang dibesut oleh mahasiswi Akuntansi UNAIR Banyuwangi tersebut, penjualannya masih berbasis di instagram, yaitu melalui akun @kotakkadoku_gresik. Serta, akan ada harga spesial untuk mahasiswa Universitas Airlangga. (*)

Penulis: Bastian Ragas

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu