Raih Sederet Prestasi Berkat Tekuni Hobi Menulis, Herlina Mawardani Jadi Wisudawan Berprestasi Fakultas Perikanan dan Kelautan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria Rifa'i

UNAIR NEWS – Semua hal jika ditekuni akan membuahkan hasil. Begitulah yang dialami Herlina Mawardani. Ia tidak menyangka, kegemarannya menulis mampu membawanya meraih predikat wisudawan berprestasi periode Desember 2019. Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) itu telah belasan kali mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan kepenulisan dan menghasilkan sederet prestasi.

Beberapa di antaranya, yaitu 1st Place LKTI “Indonesian Youth Foundation of Science” di Universitas Hasanuddin 2018, 3rd Place LKTI “4th SAFE SIP National Competition” di Politeknik Negeri Jember 2018, lolos PKM di danai DIKTI dua tahun berturut di tahun 2016 dan 2017 serta prestasi lainnya.

Mahasiswa kelahiran Lamongan itu mengaku mulai ketagihan menulis sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berawal dari mengikuti ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan berlanjut mengikuti perlombaan-perlombaan karya tulis ilmiah.

“Pas SMP ada ekstrakurikuler KIR, aku tertarik bergabung karena yang dibahas di luar konteks pelajaran. Ketika menemukan sesuatu atau menemukan ide yang baru itu ada kepuasan tersendiri. Dan mungkin aku bisanya nyumbang prestasi di bidang ini, lewat tulisan,” ungkapnya.

Menurutnya, sebuah karya tulis akan terus ada dan hidup di tengah masyarakat sekalipun penulisnya telah tiada. “Ikatlah ilmu dengan menulis karena dengan tulisan itu kamu tidak akan hilang di tengah-tengah masyarakat. Karyamu akan terus ada, meskipun kamu sudah tidak ada,” tuturnya.

Hal itu kemudian membuat Herlina tidak berhenti menulis sekalipun menemui hambatan. Sempat terhalang dana saat mendapat undangan presentasi karya di Universitas Pattimura juga ketika menjadi delegasi Study Assimilation di Universitas Brunei Darussalam, namun dengan usaha dan doa orang tua, ia berhasil berangkat.

“Menemukan kerikil-kerikil kecil dalam sebuah perjalanan panjang bukan lagi menjadi sesuatu yang harus dihadapi dengan panik. Saya percaya bahwa tak ada masalah tanpa solusi,” tegasnya.

“Saya berdiskusi dengan kakak tingkat ataupun teman-teman yang pernah mengajukan proposal pengajuan dana dan sponsor ke beberapa lembaga. Dan akhirnya bisa berangkat juga,” lanjut Herlina.

Selain aktif menulis, Herlina juga aktif mengikuti magang di beberapa tempat seperti di PT. Cassanatama Naturindo bagian quality control, Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Benih Ikan Bolorejo, Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Budidaya Air Payau, hingga menjadi asisten laboratorium biokimia di Fakultasnya.

Penulis: Lailatul Fitriani

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu